Dampak Pandemi, Sejumlah Los di Pasar Sebelat Tutup

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sejumlah los di Pasar Sebelat, Pekon Tanjungraya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat tampak tutup meski di hari pasaran, Kamis (22/7)

Kondisi itu dipengaruhi oleh sepinya pembeli sejak mewabahnya Covid-19, sehingga tidak jarang para pedagang harus pulang dengan  tangan kosong.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Drs Junaidi Jamsari, M.M, mendampingi Kepala Diskoperindag Ir. Sugeng Raharjo, M.T, tidak menampik kondisi itu. Bahkan pihaknya turun langsung untuk berkoordinasi dengan kepala dan para staf pengelola pasar.

“Memang saat ini kita semua dihadapkan dengan pandemi sehingga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat, oleh karena itu pedagang juga akan berpikir panjang jika harus buka dagangan di los,”ujarnya.

Ia juga mengakui bahwa kondisi itu juga berpengaruh pada sektor PAD khususnya dari retribusi pasar, namun pihaknya telah memberikan penekanan kepada kepala unit pasar dan staf pengelola pasar agar lebih intens melakukan pendekatan yang baik terhadap pedagang.

“Ya kita juga tetap berupaya maksimal bagaimana pedagang tetap mengisi kios tersebut, karena ini menyangkut PAD dari retribusi pasar. Itu yang kami sampai ke pihak pengelola,” jelasnya.

Sekretaris Diskoperindag Lambar saat meninjau pasar sebelat

Disisi lain, Junaidi menegaskan meski sejumlah los pasar kosong dari pedagang, namun hal itu tidak berpengaruh kepada ketersediaan sayur-mayur, sembako dan kebutuhan bahan penting lainnya.

“Sejumlah los yang tutup itu merupakan pedagang kain dan kebutuhan non pangan. Jadi untuk kebutuhan pangan atau sembako aman,” pungkasnya.(edi)




Pos terkait