Dampak Refocusing Anggaran, Lambar Batal Dapat Bantuan Benih 

  • Whatsapp
Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta Saragi

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini batal mendapatkan bantuan benih padi jenis beras merah melalui kegiatan pengembangan budidaya padi khusus dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemerintah Provinsi Lampung. Hal itu dikarenakan adanya refocusing penghematan anggaran tahun 2021.

“Awalnya Kabupaten Lambar akan mendapatkan bantuan benih padi merah dari Pemerintah Provinsi Lampung seluas 200 hektar namun karena adanya refocusing penghematan anggaran tahun 2021 maka bantuan tersebut tidak jadi,” kata Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta Saragi mendampingi Kepala DTPH Rusdi, Senin (22/3).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, sesuai dengan surat dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung No.521/420/V.21.3/2021 perihal perubahan alokasi kegiatan tahun 2021 (DIPA Refocusing) bahwa khusus dana pembantuan (TP) Satker Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura ada beberapa kegiatan terjadi penghematan, salah satunya kegiatan pengembangan budidaya padi khusus 1.520 hektar menjadi tidak ada alokasinya. 

“Rencananya dari luas 1.520 hektar itu, diantaranya 200 hektar berada di Kabupaten Lambar namun bantuannya tidak jadi karena anggarannya terkena refocusing, jadi mau tidak mau kita harus menerima,” ucapnya 

Kata dia, rencana awal lahan seluas 200 Ha yang akan ditanami benih padi beras merah tersebut tersebar di Kecamatan Sukau 115 Ha, Kecamatan Sekincau 50 Ha dan Kecamatan Balikbukit 35 Ha. Dengan total bantuan benih padi beras merah tersebut 5 ton atau per hektarnya sebanyak 25 kilogram. “Dengan batalnya bantuan tersebut, kita telah memberitahukan kepada calon kelompok tani penerima bantuan,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait