Dandim Berikan Materi Bela Nagera untuk Linmas dan Tagana Kebuntebu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bertujuan untuk menciptakan personil Linmas dan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana ‘Hebat’, sekaligus mendukung program Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menuju Kabupaten Tanggap Bencana. Linmas dan Satgas Tagana di sepuluh pekon, Kecamatan Kebuntebu, diberikan pelatihan peningkatan kapasitas.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Anugerah Pekon Tirubudi Syukur pada Kamis (5/12) tesebut semakin dirasakan menjadi lebih semarak atas kehadiran Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo, S.T, M.Si., yang memberikan arahan dan materi tentang bela negara kepada Linmas dan Satgas Tagana dari sepuluh pekon tersebut.

Bacaan Lainnya



Kegiatan yang digerakkan oleh Kantor Kecamatan Kebuntebu itu, merupakan pelatihan peningkatan kapasitas Linmas dan Satgas Tagana pekon, yang baru diterapkan di kecamatan tersebut.

Dimana dana operasionalnya bersumber dari dana yang disiapkan oleh pekon melalui Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP), Tahun Anggaran (TA) 2019, yang bertujuan untuk menciptakan personil linmas dan satgas penanggulangan bencana yang profesional dan memiliki pengetahuan tentang tanggap bencana.

Camat Kebuntebu Indrayani, M.Pd., dalam sambutannya menyebutkan, pada dasarnya peningkat kapasitas tersebut merupakan upaya dalam menumbuhkan kesadaran terhadap bela negara dan loyalitas menuju personil hebat dan berdaya guna

Dimana Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Linmas dan Tagana Se-Kecamatan Kebuntebu itu, dilaksanakan atas dasar Undang-Undang No.6/2014 tentang desa, Peraturan Bupati (Perbub) Lambar No.1/2019 tentang pedoman penyusunan APBP Tahun Anggaran 2019, dan perjanjian bersama peratin tentang kerjasama pelaksanaan APBP.

Pada kesempatan itu Indrayani juga menegaskan kehadiran Dandim Lambar pada kegiatan itu bersamaan dengan adanya kegiatan bakti sosial (baksos) di Koramil Sumberjaya, berupa pemberian santunan kepada Warakawuri, Veteran, dan anak yatim-piatu, yang kemudian dilanjutkan melihat proses kegiatan bedah rumah kepada anggota LVRI dalam rangka peringatan hari Juang Kartika ke-74 di Pekon Purajaya.

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada para pratin yang telah menganggarkan dana untuk kegiatan tersebut dan berharap pada tahun 2020 tetap dimasukkan anggaran. “Kegiatan ini diharapkan bisa terus berkelanjutan,” harapannya.

Selain mendapatkan pembekalan bela negara dari Dandim 0422, para peserta juga memperoleh materi tentang Kamtibmas dari Kapolsek Sumberjaya Kompol Arjon Syafrie R, S.H., Kemudian serba-serbi penanggulangan kebakaran oleh UPT Damkar Kebuntebu dan Kebencanaan oleh BPBD Lambar.(ius/mlo)



Pos terkait