Dandim Kolonel Inf Romas Hadiri Rakor Lintas Sektoral

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komandan Kodim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes, S.E, M.Si, M.M., menghadiri rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Lilin Krakatau 2020 Kota Bandarlampung bertempat di Mapolresta Bandarlampung Jl. MT. Haryono, Kelurahan Gotong Royong, Kecamatan Tanjungkarang Pusat (TkP) Jumat (18/12).

Pada kegiatan Rapat Koordinasi turut dihadiri Wali Kota Bandarlampung Drs. Herman. HN. M.M., Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol. Yan Budi Jaya, Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes, SE, M.Si, M.M., Kepala unit kerja Perhubungan pos Rajabasa, Kepala Pelaksana BPBD Kota Bandarlampung Syamsul Rahman, Kasat PolPP Kota Bandarlampung Suhardi Syamsi, Mewakili Kemenag Kota Bandarlampung Kabid Penyelenggara syariah Sulaiman Bardan, S. Ag., serta para Kapolsek Jajaran  Polresta Bandarlampung.

Bacaan Lainnya


Kesempatan yang ada Kapolresta Bandarlampung mengemukakan, Walikota Bandarlampung telah mengeluarkan surat edaran (SE) terkait larangan perayaan malam Tahun Baru, berkenaan dengan hal tersebut ia meminta kepada Jajaran TNI dan Polri, agar dapat membantu untuk mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat Bandarlampung.

Ia meminta masukan dari semua Lintas Sektoral, sehingga bisa melaksanakan pencegahan sedini mungkin terhadap  segala kemungkinan yang dapat saja terjadi.

Sementara itu, Dandim 0410/KBL mengatakan dalam rangka Operasi Lilin Krakatau 2020 Kota Bandarlampung memiliki dua event, yaitu natal dan perayaan malam tahun baru.

“Berkaitan dengan hal tersebut, kita telah memiliki dasar surat edaran Gubernur dan Walikota Bandarlampung kiranya hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga bisa menjadi acuan dalam mengantisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim 0410/KBL menyampaikan, bahwa hal ini merupakan tanggungjawab kita bersama, dimana saat ini Kota Bandarlampung yang telah menjadi zone orange dan bisa lebih baik lagi.

“Sehingga pelaksanaan Natal dan perayaan malam Tahun Baru 2021 tidak menyebabkan timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19,” terangnya.

Sementara Walikota Bandarlampung Herman HN menyatakan pada saat perayaan malam tahun baru nanti tidak ada penutupan jalan dan tidak ada kendaraan yang melaksanakan parkir dipinggir jalan dan juga di halaman parkir pusat perbelanjaan.

“Melalui rakor yang diselenggarakan ini, agar para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat membantu untuk mengecek gereja yang akan melaksanakan misa Natal walaupun masing-masing ketua gereja telah menyampaikan bahwa kegiatan peribadatan nantinya akan dilakukan melalui virtual,” pintanya.

Di akhir penyampaiannya Walikota Bandarlampung meminta agar Satgas penegakan Covid-19 Kota Bandarlampung tetap melaksanakan sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Akan ada sanksi tetapi sangsi tersebut kiranya tidak akan berdampak kepada pelanggaran HAM,” tandasnya. (*/mlo)


Pos terkait