Dandim Kolonel Inf Romas Respon Penerapan Penyelenggaraan Kegiatan di Rumah Ibadah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kota Bandarlampung akan menerapkan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman  di masa pandemi Covid-19.

Hal ini dibahas melalui rapat koordinasi yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama Bandarlampung, Selasa (2/6).

Bacaan Lainnya



Dalam rapat tersebut, dibahas tentang Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI No.15 tanggal 29 Mei 2020 tentang panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19. 

Hal ini untuk merespon masyarakat beragama yang rindu kembali melaksanakan ibadah di rumah ibadah agama masing-masing. 

Dandim 0410/KBL Kolonel Inf Romas Herlandes mengatakan, sesuai arahan pemerintah pusat, rumah ibadah diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan ibadah berjamaah.

Namun dengan syarat rumah ibadah tersebut aman dari Covid-19 caranya menunjukkan surat keterangan dari ketua gugus tugas provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan sesuai dengan tingkatan rumah ibadah. 

Namun surat bisa dicabut jika dalam perkembangannya timbul kasus penularan Covid-19 di rumah ibadah atau tidak melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. 

“Nanti setiap masjid yang sudah mendapatkan surat keterangan dari Gugus Tugas, wajib melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan, sabun atau hand sanitizer serta setiap jamaah yang akan beribadah wajib diukur suhu tubuhnya. Setiap rumah ibadah hanya boleh mempergunakan satu akses pintu masuk dan keluar untuk memudahkan kontrol dan pengawasan,” ungkapnya. (*/mlo)



Pos terkait