Danrem 043/Gatam Shalat Ied di Mesjid Al Iklas Makorem

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S, M.I.Kom., melaksanakan Shalat Ied hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 Masehi di  masjid Al Ikhlas Makorem 043/Gatam Jl. Tengku Umar Kelurahan Penengahan Bandarlampung, Jum’at (31/7) .

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan Shalat Ied hari Raya Idul Adha kali ini dengan Thema “Maknai Idul Adha 1414 H/2020 M Dengan Meningkatkan Semangat Gotongroyong Dan Rela Berkorban Di Tengah Pandemi Covid- 19 Menuju Normal Baru”.

Bacaan Lainnya



Bertindak selaku Imam dan Khotib Ustadz Suratno, S. Pd. M.H Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Taddabur Qur’an Al Firdaus Lampung dan Dosen tetap Institut Informasi dan Bisnis (IIB) Dharma Jaya Lampung. 

Sebelum dilaksanakan Shalat Ied dilantunkan Takbir bersama-sama jamaah yang hadir dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Shalat Ied dua rakaat, diakhiri khutah hikmah hari Raya Idul Adha Tahun 1414 H/2020 M. 

Pada Kutbahnya Khotib menyampaikan Alhamdulillah bahwa hari ini semua dapat melaksanakan Shalat Ied hari Raya Idul Adha ditengah-tengah Wabah Covid 19, dimana  saat ini telah mencapai saat New Normal pencegahan Covid-19. 

“Dari hikmah peringatan Hari Raya Idul Adha ini, mari kita teladani pengorbanan yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim As, di bulan Dzulhijjah identik dengan dua ibadah besar, yakni Haji dan Idul Adha, kedua ibadah ini sarat dengan nilai-nilai tarbiyah (pendidikan) yang kita dapatkan dari keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimas salam,” katanya.

Lanjutnya, ini suasananya memang agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pandemi Covid-19 membuat ibadah haji tahun ini dibatasi, Kota suci Makkah yang biasanya dipenuhi dengan jutaan jamaah haji, tahun ini hanya kaum muslimin yang mukim di Arab Saudi dan sebagian muslim saja yang bisa berhaji, tentu ini membuat kita sedih, terlebih bagi calon jamaah haji yang mestinya berangkat tahun ini.

Meskipun saat ini ada keterbatasan akibat pandemi Covid-19, tak menghalangi kita untuk mengambil keteladanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimas salam, bahkan nilai-nilai tarbiyah dari keduanya semakin relevan di tengah pandemi corona.

Keteladanan pertama dari Nabi Ibrahim  adalah senantiasa menguatkan doa kepada Allah, awal mula Idul Adha yang merupakan napaktilas pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail adalah sejarah doa, yakni doa Nabi Ibrahim yang selalu meminta kepada Allah agar dikaruniai anak yang shalih.

“Mari kita berdoa semoga Wabah Covid-19 ini segera berakhir,” imbuhnya.

Turut hadir pada acara rangkaian pelaksanaan hari Raya Idul Adha ini, Kepala Staf Korem 043/ Gatam Kolonel Inf Benny Sulistiono dan para Kasi, Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 043 PD II/Swj Ny. Diana Toto Jumariono, para Pasi, Perwira, Bintara,Tamtama dan PNS Makorem 043/ Gatam, serta para warga masyarakat lingkungan asrama Korem 043/Gatam. 

Selesai melaksanakan Shalat Ied berjamaah Danrem 043/Gatam didampingi Kepala Staf dan Para Kasi Korem menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa Sapi sejumlah sembilan ekor, yaitu enam ekor untuk disembelih dan dibagikan kepada warga asrama Korem dan Masyarakat sekitar,  satu ekor diserahkan kepada Yayasan sekolah Persit dan dua ekor untuk Yayasan Sekolah Luar Biasa (SLB) Kecamatan Kemiling, Bandarlampung. 

Kegiatan rangkaian pelaksanaan Shalat Ied hari Raya Idul Adha ini tetap melaksanakan protokoler kesehatan sesuai prosedur pencegahan Covid-19. (*/mlo)



Pos terkait