Dari Zero Menjadi Satu Kasus Covid-19, Satgas Tingkatkan Upaya Antisipasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah sempat bertahan dengan status zero (nol) kasus terkonfirmasi Positif Covid-19. Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat kini menjadi satu wilayah kecamatan yang salah satu warganya positif terpapar virus corona. 

Sehingga, untuk melakukan upaya antisipasi penyebaran, UPT Puskesmas setempat telah melakukan deteksi dini melalui kegiatan tracing dan hasilnya sebanyak 20 warga telah menjalani swab. 

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Lumbokseminung  Khalif Ardi, S.Kep, M.H, menjelaskan terkonfirmasinya Ny. E warga Pekon Sukamaju itu sebelumnya tidak memiliki riwayat perjalan keluar darah, hanya saja sebelum dinyatakan positif terpapar covid-19 pasien tersebut sempat menderita flu dan batuk.

“Jadi saat menderita flu dan batuk, Ny. E ini berobat di salah satu tenaga kesehatan (nakes) yang belakangan diketahui juga positif terpapar Covid-19. Saat itu sempat dirawat tapi karena tidak ada perubahan maka pasien ini memutuskan pulang dan pergi ke RSUD Alimudin Umar,” jelasnya.

Sebelum masuk RSUDAU, pasien menjalani swab antigen dengan hasil positif, sehingga selanjutnya pasien langsung menjalani isolasi dan beberapa hari kemudian hasil swab PCR di rilis provinsi dan dinyatakan positif.

“Saat ini pasien sudah menjalani isolasi mandiri, kondisinya alhamdulilah sudah semakin sehat. Kemudian untuk hasil tracing dari warga yang sempat kontak dengan dengan pasien ini tidak ada, karena begitu ada gejala tersebut keluarga sudah menjaga agar tidak kontak langsung,” paparnya.

Hanya saja, lanjut dia, pihaknya melakukan tracing terhadap seluruh warga yang sempat berobat kepada nakes yang positif terpapar Covid-19 di Kecamatan Sukau. Hasilnya sebanyak 20 warga telah menjalani swab.

“Kami mendata ada 20 orang yang sempat berobat ke nakes tersebut, dan saat ini kita masih menunggu hasil swab, namun kita berdoa saja semoga hasilnya negatif,” harapnya. 

Disamping itu, terkait langkah antisipasi guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 pihaknya bersama satuan tugas penanganan covid-19 kecamatan terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Saat ini Satgas Covid-19 masih gencar melakukan sosialisasi karena kita berharap tidak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kecamatan Lumbokseminung. Untuk itu, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena dengan disiplin maka masyarakat turut andil membantu menekan penyebaran virus ini,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait