Data Sementara, 683 Ekor Sapi-Kambing Dikurbankan di Lambar

  • Whatsapp
Kepala Disbunnak Lambar Ir. Nata Djudin Amran

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar hingga hari ini mencatat sebanyak 683 ekor hewan kurban disembelih pada hari raya Idul Adha dan H+2 lebaran.

“Berdasarkan laporan sementara yang kami terima, jumlah hewan kurban yang dipotong pada hari raya Idul Adha dan H+2 lebaran sebanyak 683 ekor , rinciannya kambing sebanyak 537 ekor dan sapi sebanyak 146 ekor. Jumlah itu kemungkinan masih bertambah karena data dari petugas belum masuk seluruhnya,” ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Nata Djudin Amran, Rabu (21/7)

Menurut dia, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan sekaligus pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah titik menjelang hari raya Idul Adha hingga Jumat (23/7). “Kita sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban, dan kegiatan pemeriksaan dimulai sejak H-2 lebaran,” ujar dia.

Dijelaskannya, pemeriksaan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun dan pemeriksaan tersebut meliputi Ante Mortem dan Post Mortem. 

“Pemeriksaan hewan kurban tersebut untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat. Jika ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dikurbankan. Begitu juga kalau kita temukan ada penyakit cacing hati, maka hatinya kita sarankan untuk dikubur,” imbuhnya.

Lebih jauh Nata mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan tim Disbunnak Kabupaten Lambar terdapat delapan sapi kurban yang terdapat penyakit cacing hati, dan hati sapi yang mengandung cacing hati tersebut telah dikuburkan. 

“Hati sapi yang terkena cacing hati ada delapan ekor dengan rincian di Kecamatan Balikbukit lima ekor, Batubrak tiga ekor , dan kita sarankan untuk dikubur hatinya,” tegasnya. 

Lanjut dia, dalam rangka mendukung pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Lambar dan mengurangi kerumunan pada hari Raya Idul Adha, pihaknya menyiapkan armada kendaraan untuk mengantar jemput hewan kurban milik warga yang ada di sekitar Liwa yang ingin melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) di Lingkungan Serdang Kelurahan Waymengaku. 

“Penyembelihan hewan kurban di RPH murah hanya dikenakan biaya Rp15.000, bahkan saya telah menyiapkan armada kendaraan mobil untuk mengantar jemput hewan kurban milik warga yang berada di sepuran Liwa dan sekitarnya. Jadi silahkan warga memberitahukan kepada kami (Disbunnak) agar kita jemput ke lokasi,” tutupnya.(lus/mlo)


Pos terkait