Datang ke Tanggamus, Kaesang Temui Petani Kopi

  • Whatsapp
Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep didampingi Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii mengenalkan produk kopi UMKM unggulan Tanggamus. Kedatangan Kaesang Pangarep di Tanggamus ialah untuk melihat secara langsung proses kopi di Pekon Ngarip Kecamatan Ulu Belu dan Pekon Argopeni, Sumberejo. - Foto ist/mlo

Medialampung.co.id – Putra Bungsu Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Kaesang Pangarep mengunjungi Kabupaten Tanggamus. Tujuannya untuk bertemu dengan petani kopi di Pekon Ngarip Kecamatan Ulubelu dan Pekon Argopeni, Kecamatan Sumberejo, Senin (20/7).

Kedatangan Kaesang Pangarep di Pekon Argopeni disambut langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafii, menurut Wabup Tanggamus kedatangan putra bungsu presiden Joko Widodo tersebut untuk melihat secara dekat proses pengolahan kopi di Sumberejo dan Ulubelu, hal ini erat kaitannya dengan bisnis kuliner yang saat ini dijalani oleh Kaesang.

Bacaan Lainnya



“Kunjungan dalam rangka ingin mengetahui kopi secara jelas, langsung kepada petani kopi, mulai dari tanaman kopi, prosesnya dan lain sebagainya, Pemkab Tanggamus tentunya mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini, semoga memberikan inspirasi kepada petani dan pengusaha kopi bahwa ini harus ditingkatkan terlebih sekarang ini kebutuhan masyarakat akan kopi juga meningkatkan,” kata Syafi’i  Senin (20/7).

Wabup menjelaskan, di Pekon Argopeni, Kaesang Pangarep mendatangi usaha kopi milik Cipto sementara di Pekon Ngarip ia mendatangi pengusaha kopi milik Puji. 

Dalam kesempatan tersebut juga, Wabup memperkenalkan olahan produk kopi UMKM Tanggamus diantaranya kopi marning, Kaesang dalam hal ini sangat merespon baik  usaha petani kopi di Argopeni.

“Dan saya sampaikan bahwa di wisma Lampung itu ada gerai, Nah, produk UMKM kita juga ada yang kita titipkan disana, dan dengan kedatangan Mas Kaesang ini akan banyak pengusaha kopi di wilayah Jakarta yang datang ke Tanggamus,” terang Syafi’i.

Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo mengunjungi kebun kopi di Pekon Ngarip Kecamatan Ulubelu, Senin (20/7) – Foto Ist/mlo

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Dan Pertanian Catur Agus Dewanto  menyampaikan, bahwa kopi asal Tanggamus memang sudah lama dilirik oleh pabrikan kopi ternama di Indonesia, termasuk kedatangan Kaesang di Pekon Ngarip dan Argopeni, dimana pengepul kopi di wilayah tersebut merupakan mitra dari kopi pabrikan ternama.

“Dan memang sudah lama pedagang pengumpul kopi di wilayah Ngarip dan Argopeni ada kerjasama dengan kopi pabrikan ternama tersebut, terkait kedatangan mas Kaesang, tidak terlepas dari pendampingan dari kopi kenamaan tersebut, dimana kita ketahui kopi tersebut juga dapat ditemui di outlet outlet yang tersebar, nah mungkin seperti itu kerjasama dengan Mas Kaesang sehingga ia menyempatkan langsung datang ke Tanggamus,” terangnya.

Catur menambahkan, dengan semakin banyaknya perusahaan kopi ternama yang masuk di Tanggamus tentu hal ini akan berdampak positif dan membantu petani kopi baik baik dari segi pembinaan, materi dan lain sebagainya terlebih lanjutnya harga kopi yang telah menjalin kerjasama dengan pabrikan sangat bagus.

“Pedagang pengumpul kopi bermitra dengan kopi kenamaan tersebut sudah dari tahun 2017, dan investor kopi yang datang ke Tanggamus terus meningkat, dan untuk Provinsi Lampung ada dua kabupaten penghasil kopi robusta unggulan, yakni Lampung Barat dan Tanggamus langkah Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian untuk meningkatkan komoditas kopi di Tanggamus, ialah melalui kegiatan peremajaan kopi yang anggarannya bersumber dari pemerintah pusat,” kata Catur.(rnn/ehl/mlo)



Pos terkait