DAU di Lambar Terealisasi Rp378,3 Miliar

  • Whatsapp
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P.

Medialampung.co.id – Dana alokasi umum (DAU) di Kabupaten Lambar hingga akhir Agustus 2020 telah terealisasi Rp378,3 miliar lebih dari target setelah dilakukan refocusing anggaran sebesar Rp500,6 miliar lebih. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P, Jumat (4/9)

Kata dia, dengan terealisasinya DAU sebesar Rp378,3 miliar lebih atau 75,57 persen itu maka untuk DAU di Kabupaten Lambar masih ada kekurangan sekitar Rp122 miliar lebih.

Bacaan Lainnya



“Kita optimis DAU tahun ini terealisasi sesuai dengan yang ditargetkan,” katanya.

Lebih jauh Daman mengatakan, DAU adalah dana yang berasal dari APBN yang dialokasikan dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan daerah untuk membiayai kebutuhan pengeluarannya dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.  

“DAU terdiri dari DAU formula dan DAU tambahan,” ujar dia.

DAU formula akan digunakan untuk membayar gaji aparatur sipil negara (ASN) serta pembiayaan lainnya termasuk program dan kegiatan yang ada di OPD sedangkan DAU tambahan untuk bantuan pendanaan kelurahan, untuk bantuan pendanaan penggajian pegawai pemerintah perjanjian kerja (PPPK), serta bantuan pendanaan penyetaraan penghasilan tetap (SILTAP) kepala desa dan perangkat desa. 

Daman mengatakan, awalnya pagu DAU Kabupaten Lambar sebesar Rp557 miliar lebih namun berkurang sebesar Rp57 miliar lebih untuk DAU formula. Hal itu sesuai dengan  surat keputusan bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan No.119/2813/SJ dan No.177/KMK.07/2020 tentang percepatan penyesuaian anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2020 dalam rangka penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional serta Peraturan Menteri Keuangan No.35/2020. (lus/mlo)



Pos terkait