DAU Pesbar Dikurangi Rp13 Miliar, Pemkab Pesbar Akan Refocusing Anggaran

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menginventarisir semua kegiatan di tahun anggaran 2021. Itu karena anggaran daerah di tahun 2021 akan dilakukan refocusing kembali.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., melalui Sekretaris Herdi Wilismar, S.H., mengatakan tahun anggaran 2021 ini, Pemkab Pesbar kembali melakukan refocusing anggaran. Sehingga kini semua OPD masih menginventarisir kegiatan yang diprioritaskan.

Bacaan Lainnya

“Inventarisir kegiatan yang diprioritaskan di setiap OPD itu dengan tidak mengganggu visi misi bupati Pesbar, sehingga dalam memilah kegiatan untuk di refocusing harus benar-benar matang,” katanya, Rabu (24/2).

Menurut Herdi, refocusing anggaran yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Pesbar itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.17/PMK.07/2021, tentang pengelolaan transfer ke daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021, dalam rangka mendukung penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan dampaknya.

“Pada aturan itu menyatakan bahwa untuk Kabupaten Pesisir Barat terdapat pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp13 Miliar lebih,” jelasnya.

Selain itu, rencana refocusing anggaran di Pesbar juga berdasarkan Surat Edaran Kemenkeu No.SE-2/PK/2021, tentang penyesuaian penggunaan anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021 untuk penanganan pandemi Covid-19, yang menyatakan bahwa Pemerintah Daerah wajib menganggarkan Delapan Persen (8%) dari total DAU untuk penanganan Covid-19.

“Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Pesbar juga telah mengimbau seluruh OPD di lingkungan Pemkab Pesbar segera menginventarisir kegiatan yang benar-benar diprioritaskan, mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya.

Karena, lanjutnya, anggaran yang akan di refocusing di Pesbar ini diperkirakan mencapai Rp45 Miliar lebih. Sehingga, semua kegiatan OPD di lingkungan Pemkab Pesbar ini tentu akan kembali terdampak, akibat adanya rencana refocusing anggaran tersebut.

“Refocusing anggaran di tahun 2021 ini bukan hanya di Pesbar saja, melainkan terjadi di seluruh Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait