DBD Hantui Warga Blambangan Umpu

  • Whatsapp
ilustrasi

Medialampung.co.id – Penyakit Femam Berdarah Dengue (DBD), saat ini telah benar-benar menghantui masyarakat Blambangan Umpu yang notabene merupakan ibukota Kabupaten Way Kanan.

Walaupun banyak warga yang terkena akan tetapi belum ada tindakan skala prioritas dari pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan Way Kanan untuk menanggulangi hal itu.

Bacaan Lainnya



Memang selama ini masyarakat sudah melakukan 3M akan tetapi kenyataan di lapangan walaupun hal itu telah dilakukan masih banyak masyarakat yang terkena DBD, dalam bulan ini saja tercatat sudah lebih dari 50 kasus walaupun tidak ada korban jiwa.

“Sepertinya nyamuk penyebab DBD ini sudah menyebar ke semua pojok ibu kota Kabupaten karena warga warga yang terkena DBD berasal dari sana. Kalau di ibukota kabupaten saja begini apalagi di daerah terpencil yang susah dijangkau,” ujar Baharuzaman, SH dari LSM EMPATI Way kanan yang merasa prihatin atas Terus berkembangnya penyakit DBD di Blambangan Umpu.

Baharuzaman melanjutkan, semestinya dengan kondisi ini Dinas Kesehatan sudah membuat gebrakan sebagai upaya untuk mencegah perkembang biakan nyamuk nyamuk penyebab DBD khususnya di Blambangan Umpu.

“Saya bukan mau mendiskreditkan atau menyatakan tidak ada tindakan akan tetapi dalam kondisi ini sudah harus ada tindakan yang lebih ekstrem Untuk menghentikan penyebaran DBD karena walaupun ada fogging terkadang warga tidak diberi abate,” imbuhnya.

Masyarakat Dusun 5 tepatnya warga Jalan Daerah Pinggir Rel gang kali besar Kelurahan Blambangan Umpu meminta kepada pihak terkait untuk segera melakukan PE dan fogging serta pembagian abate karena salah satu warganya positif terkena DBD dan saat ini sudah dirawat di rumah sakit Bunda Asni Baradatu.

“Mohon kepada Puskesmas Blambangan Umpu untuk menyampaikan kepada Dinas Kesehatan Way Kanan agar segera melakukan fogging fokus di dusun kami karena ada warga saya yang positif, dan tolong juga dibawa abate untuk dibagikan kepada warga setempat,” ujar Tahir Syah Bandar kepala dusun 5 Kelurahan lampu Kecamatan Blambangan Umpu.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Anang Risgianto, SKM menyatakan siap untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Sudah lapor ke Puskesmas belum? Nanti kami akan segera dikoordinasikan dan fogging Insyaallah akan segera dilaksanakan,” ujar Anang.(wk1/mlo)



Pos terkait