DBD Menurun, Masyarakat Diimbau Tetap Waspada

Kabid Pencegahan dan Penyebaran Penyakit (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), mencatat terjadi 24 kasus terkonfirmasi Demam Berdarah Dengue (DBD) pada akhir 2021.

Angka tersebut menurun drastis dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 300 kasus.

Bacaan Lainnya


“Walaupun kasus menurun namun kewaspadaan masyarakat harus terus dijaga dengan menggiatkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN),” jelas Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli, Minggu (19/12) melalui sambungan selulernya

Dian menambahkan, penurunan angka kasus terkonfirmasi DBD itu dimungkinkan terjadi karena faktor perubahan perilaku masyarakat sejak terjadinya pandemi Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan.

“Warga telah membiasakan diri dengan mengkonsumsi tambahan suplemen gizi untuk peningkatan daya imun tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit,” imbuh Dian.

Selain itu lanjutnya, untuk antisipasi penyebaran dan mencegah penularan penyakit DBD, Pemkab Lampura mengeluarkan surat edaran dan sosialisasi terhadap Puskesmas di wilayahnya untuk meningkatkan kewaspadaan kasus DBD.

“Bila ada yang terkonfirmasi DBD lakukan pengobatan di Puskesmas dan dirujuk ke Rumah Sakit bila diperlukan, dan warga diminta giat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M plus dengan rajin menguras tempat penampungan air serta bila ditemukan kasus yang sama di wilayah tertentu akan dilakukan fogging sesuai indikasi,” tandasnya (adk/ozy)


Pos terkait