DBH Pajak Rokok Rp4 Miliar Masuk Kasda

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali menerima dana bagi hasil (DBH) pajak rokok triwulan kedua tahun 2021 dari pemerintah pusat sebesar Rp4.042.095.927.

Kepala Bapenda Pesbar, Kasmir, S. Sos., mengatakan DBH pajak rokok triwulan kedua itu lebih kecil dibandingkan DBH pajak rokok triwulan pertama lalu yang mencapai Rp4.791.977.332.

Bacaan Lainnya

“Meski lebih kecil, tapi angka yang kita terima masih di Rp4 miliar, jumlah ini patut kita syukuri, apalagi DBH pajak rokok dari pusat penyalurannya tetap konsisten setiap triwulannya,” kata dia.

Dijelaskannya, penyaluran DBH pajak rokok itu dihitung berdasarkan penerimaan pajak rokok selama tiga bulan, jadi penyaluran DBH rokok itu dilakukan setelah tiga bulan, atau bulan keempat, kedelapan, bulan kesepuluh dan awal tahun selanjutnya.

“Namun akibat pandemi Covid-19 ini, penerimaan DBH pajak itu tidak sesuai jadwal lagi, untuk triwulan dua ini kita terima di bulan kesepuluh yang seharusnya sekarang ini sudah masuk penerimaan triwulan ketiga,” jelasnya. 

Sementara itu, untuk penerimaan DBH pajak kendaraan bermotor dari pemerintah Provinsi Lampung hingga saat ini baru diterima triwulan pertama lalu sebesar Rp9.096.439.010 yang berasal dari sejumlah bidang pajak.

“Realisasi DBH pajak kendaraan bermotor triwulan pertama tahun 2021 dari Pemprov Lampung itu seperti pajak kendaraan bermotor sebesar Rp2.663.306.985, bea balik nama kendaraan bermotor Rp1.865.592.064, pajak bahan bakar kendaraan bermotor Rp4.549.798.516 dan pajak air permukaan Rp17.741.445, dimana penyalurannya baru untuk triwulan pertama,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam pembayaran DBH pajak setiap triwulan berbeda disesuaikan dengan jumlah pembayaran pajak yang diterima, Pihaknya berharap pembayaran DBH pajak kendaraan dan pajak rokok itu dapat tepat waktu.

“Pembayaran DBH itu disesuaikan dengan jumlah pajak daerah yang diterima pada triwulan pertama tahun ini, kita berharap DBH kendaraan bermotor triwulan kedua segera diterima dari Pemprov Lampung,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait