DBH Pekon Tahun 2020 Capai Rp820 Juta Lebih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menyiapkan anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) untuk Pekon di tahun anggaran 2020, yang rencananya baru akan direalisasikan di tahun 2021.

Kepala BPKAD Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., melalui Sekretaris Herdi Wilismar, S.H, M.M., mengatakan untuk DBH Pekon tahun 2020 telah disiapkan oleh Pemkab berdasarkan realisasi pajak dan retribusi daerah. Sehingga untuk rencana realisasi DBH itu baru akan dikoordinasikan kembali dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pesbar untuk penghitungan alokasi masing-masing Pekon yang ada di Kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya


“Setelah penghitungan alokasi DBH disetiap Pekon itu selesai, maka nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup), sehingga DBH tahun 2020 bisa segera direalisasikan,” kata dia, Selasa (18/5).

Dijelaskan, untuk penghitungan DBH Pekon tahun 2020 tersebut secara keseluruhan sebesar Rp820.561.662,- dengan rincian bersumber dari Pajak daerah sebesar Rp716.439.122,- dan yang bersumber dari retribusi daerah sebesar Rp104.122.500,-. Seluruh DBH Pekon itu akan direalisasikan untuk 116 Pekon se-Kabupaten Pesbar, sedangkan untuk pengalokasian DBH tahun 2020 tentunya setiap Pekon tidak sama karena akan disesuaikan dengan kriteria maupun aturan yang berlaku.

“Karena itu kepastian jumlah alokasi DBH tahun 2020 yang akan diterima oleh masing-masing Pekon nanti baru bisa diketahui setelah adanya Perbup, yang saat ini baru akan ditindaklanjuti,” jelasnya.

Masih kata dia, realisasi DBH Pekon tahun 2020 mengalami keterlambatan karena ada berbagai kendala, sehingga berdampak pada kondisi anggaran yang ada. Biasanya dalam pencairan DBH tersebut setiap tahunnya tidak mengalami keterlambatan ataupun kendala. Artinya, realisasi DBH dicairkan setiap tahun anggaran berjalan.

“Tapi untuk DBH Pekon di tahun 2020 tertunda karena ada kendala, sehingga pencairannya baru bisa dilaksanakan di tahun 2021 ini. Kita juga masih menunggu perkembangan terkait dengan DBH Pekon untuk tahun 2021 apakah akan dibayarkan di tahun berjalan atau di tahun 2022 mendatang,” tandasnya. (yan/d1n/mlo)


Pos terkait