DD-ADP Tahap III Pekon Teba Liokh Nyaris Tak Terserap

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Nampaknya dana desa (DD) dan alokasi dana pekon (ADP) tahap III tahun 2019 untuk Pekon Teba Liokh, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lambar nyaris tak terserap. Pasalnya,  hingga hari ini belum ada tanda-tanda jika pekon tersebut akan mengajukan usulan untuk pencairan dana yang bersumber dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut.

“Sampai saat ini pihak pekon belum juga menyampaikan usulan pencairan DD dan ADP tahap III,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Yudha Setiawan, S.I.P.

Bacaan Lainnya



Kata dia, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan pihaknya di Pekon Teba Liokh pada awal bulan Desember, untuk progres kegiatan baik fisik maupun non fisik bersumber dari DD dan ADP tahap I dan II di pekon tersebut belum mencapai 75%.

Sementara secara aturan yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.20/2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan Peraturan Bupati (Perbup) No.1/2019 tentang pedoman dan penyusunan APBPekon bahwa ketentuannya untuk mengajukan pencairan dana tahap III yaitu realisasi kegiatan tahap I dan II harus mencapai 75 persen dan sampai saat ini realisasi kegiatan di Pekon Teba Liokh belum mencapai target.

“Saya rasa jika pekon ada komitmen maka anggaran tersebut akan terserap sebelum akhir tahun 2019. Jika pekon tidak mengusulkan untuk pencairan maka dana tersebut akan tetap berada di kas daerah,” kata dia. (lus/mlo)



Pos terkait