DD Cair, Simpangsari Langsung Bagi BLT

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gerak cepat Pekon Simpangsari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan peraturan terkait dengan Dana Desa (DD) Tahun 2021 patut diapresiasi.

Selasa (6/4) bertempat di halaman pekon, dilakukan pembagian BLT-DD Januari dan Februari 2021 kepada 27 keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (KPM-BLT-DD).

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya, Peratin Harun Sohar, S.Pd, menyampaikan rasa syukurnya Dana Desa tahap 1 untuk pekon itu telah diterima dan sesuai dengan pengajuan, DD tahap 1, digunakan untuk BLT-DD, kegiatan adaptasi kebiasaan baru dan kegiatan pemerintahan pekon lainnya yang tersebar di lima bidang.

”Hasil musyawarah pekon disepakati KPM BLT-DD 2021 berjumlah 27 orang, dan dianggarkan selama 12 bulan, per bulannya Rp300.000/orang,” terangnya. 

Lanjut Harun, sekarang sudah berjalan April. Sementara BLT-DD itu dimulai dari Januari, ada keterlambatan empat bulan, hal ini karena proses yang harus dilalui. Dan Simpangsari sengaja langsung membagikan BLT-DD sebagai prioritas utama setelah DD cair, agar segera bisa membagikan BLT sesuai dengan bulan yang seharusnya diterima warga.

Pihaknya berharap semoga semua lancar dan BLT-DD Maret dan April akan segera dibagikan kembali .

Harun juga menyebutkan, sampai 2021 dana desa masih diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi dampak Covid-19 kepada warga, dan juga untuk pemutakhiran data IDM dan SDGs Desa dan untuk adaptasi kebiasaan baru.

“Kegiatan pemulihan ekonomi di Pekon Simpangsari, sesuai dengan arahan Bupati yaitu gerakan pangan mandiri, mendukung ibu-ibu PKK dengan 4 pokjanya melaksanakan kegiatan ketahanan pangan,” jelasnya.

Dan untuk kegiatan pemutakhiran data yaitu kegiatan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa, yang sudah mulai berproses.

“Untuk Pekon Simpangsari sudah sampai pada pembekalan untuk pokja, selesai kegiatan pembagian BLT-DD. Dilanjut kegiatan adaptasi kebiasaan baru desa, yaitu desa aman covid,” papar dia. 

Desa aman Covid-19 maksudnya adalah desa tetap produktif, kegiatan di desa tetap berjalan normal kembali walaupun masih ada wabah covid 19.

Bagaimana bisa seperti itu? karena pekon dengan dana desanya membantu masyarakat desa melaksanakan protokol kesehatan. 

Bentuknya seperti dengan bantuan masker untuk warga, pengecekan suhu ketika ada acara yang melibatkan banyak warga, melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, menyediakan fasilitas cuci tangan yang dilengkapi sabun, mengaktifkan kembali relawan dan posko pintu masuk, dan memantau keluar masuk warga, untuk memastikan pendatang dari luar pekon jelas riwayat perjalanannya zona merah atau bukan dan dapat dilakukan tindakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Untuk itu, pihaknya selaku pimpinan di pekon tersebut, meminta kerjasama dan dukungan semua pihak khususnya warga simpang sari untuk dapat mengikuti aturan, arahan yang pihak pekon sampaikan.

Sementara Camat Sumberjaya Ernawati, S.E., yang hadir di acara tersebut, menyampaikan agar DD digunakan sesuai dengan ketentuan dan yang sudah ditetapkan dan semoga BLT-DD ini membantu warga yang terdampak covid. (r1n/hrs/mlo)




Pos terkait