DD Tahap II Rp43,642 Miliar Masuk Rekening Pekon 

  • Whatsapp
Kepala BPKD Lambar  Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Dari 131 pekon di Kabupaten Lambar, hingga Jumat (17/9) baru 125 pekon yang telah mencairkan dana desa (DD) tahap II sebesar 40%, sedangkan enam pekon belum mencairkan.

“Dana desa tahap II yang telah disalurkan sebesar Rp43,642 miliar lebih untuk 125 pekon,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Jumat (17/9).

Bacaan Lainnya

Kata dia, enam pekon yang belum mencairkan DD tahap II yaitu Pekon Negeriratu Kecamatan Batubrak, Pekon Sedampah Indah Kecamatan Balikbukit, Pekon Sidodadi Kecamatan Suoh, Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh, Pekon Tanjungraya Kecamatan Sukau dan Pekon Tigajaya Kecamatan Sekincau. 

“Sejauh ini kita belum menerima rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon untuk keenam pekon yang belum mencairkan dana desa tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sejak tahun 2020 lalu proses pencairan DD tidak lagi di transfer dari kas negara ke kas daerah namun prosesnya dari kas negara langsung ke kas pekon.

“Hal ini untuk memudahkan proses penyaluran dana desa ke pekon,” imbuhnya.

Sistem pencairannya yaitu pekon mengusulkan ke DPMP, kemudian DPMP merekomendasikan ke BPKD dan BPKD memprosesnya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk melakukan pencairan. “Jadi KPPN nanti yang akan mencairkan dana tersebut,” imbuhnya

BPKD, lanjut dia, hanya menerima rekomendasi dari DPMP dan jika rekomendasi tersebut telah diterima maka dilakukan verifikasi dan jika berkasnya lengkap akan diproses ke KPPN.

“Sepanjang ada rekomendasi dari DPMP dan berkasnya lengkap maka akan kita proses ke KPPN untuk dilakukan pencairan,” tutupnya. (lus/mlo)


Pos terkait