Debat Pamungkas, Ini Pesan KPU dan Bawaslu Lamteng untuk Para Paslon

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah akan menggelar debat pamungkas paslon bupati-wakil bupati di BBC Hotel Bandarjaya, Jumat (4/11) sekitar pukul 19.30 WIB.

Tema kali ini Kebijakan dan Strategi Penanganan, Pencegahan, dan Pengendalian Covid-19; Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba; serta Penyelesaian Permasalahan Daerah Lainnya.

Bacaan Lainnya


Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan evaluasi dari pelaksanaan debat sebelumnya.

“Kita sudah evaluasi dari pelaksanaan debat-debat sebelumnya. Juga ada beberapa rekomendasi Bawaslu Lamteng. Kita sudah mengkomunikasikan dengan para liaison officer (LO) paslon,” katanya.

Dalam debat nanti, kata Irawan, pihaknya meminta para paslon tidak membawa catatan-catatan atau ponsel di podium stage debat.

“Kita minta paslon tak membawa catatan-catatan atau ponsel di podium stage debat. Termasuk catatan visi-misi. Terkait untuk catatan pertanyaan paslon, kita minta event organizer menyediakan notebook dan ballpoint di podium stage debat,” ujarnya.

Tidak hanya itu. Irawan menyatakan pihaknya juga meminta paslon tidak membawa konstituen banyak guna menghindari penyebaran Covid-19.

“Kita minta tak membawa konstituen yang banyak sehingga yel-yel mengganggu jalannya debat. Dalam debat kedua sudah cukup baik konstituen tidak terlalu banyak. Tapi kita ingatkan kembali demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Tidak kalah penting, Irawan meminta para saksi yang disiapkan paslon juga melakukan rapid test.

“Kita juga minta para saksi paslon melakukan rapid test. Masak penyelenggara rapid test, para saksi tidak rapid test. Kalau ada saksi yang positif Covid-19 bisa kacau. Sekali lagi kita ingatkan ini demi kesehatan bersama dan suksesnya pilkada tanpa menimbulkan klaster Covid-19 Pilkada 2020,” ungkapnya. 

Sedangkan anggota Bawaslu Lamteng Yuli Effendi menyatakan pihaknya memang memberikan beberapa catatan terkait pelaksanaan debat sebelumnya.

“Kita sudah rekomendasikan ke KPU Lamteng terkait catatan-catatan debat. Di antaranya tidak membawa contekan atau ponsel di podium stage debat. Juga minta paslon fokus ke tema debat,” katanya.

Diketahui tiga paslon bupati-wakil bupati yang akan mengikuti debat adalah paslon nomor urut 1 Loekman Djoyosoemarto-M. Ilyas Hayani Muda yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Kemudian paslon nomor urut 2 Musa Ahmad-Ardito Wijaya yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan PAN.

Lalu paslon nomor urut 3 Nessy Kalvia Mustafa-K.H. Imam Suhadi yang diusung Partai NasDem, PKS, dan Partai Perindo. (sya/mlo)




Pos terkait