Dekranasda Pesbar Gelar Krui Fashion Show 2019

  • Whatsapp

Medialampung.co.idDewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan Krui Fashion Show 2019, dipusatkan di GSG Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (11/12).

Krui Fashion Show yang mengusung tema “Peran Wanita Dalam Menunjang Perkembangan Industri Fashion” itu dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019.

Bacaan Lainnya



Hadir dalam kegiatan itu, Asisten II Setdakab Pesbar, Syamsu Hilal, S.Sos., ketua Dekranasda Kabupaten Pesbar Hj.Septi Istiqlal, serta sejumlah  kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat di lingkungan Pemkab dan para peserta yang ikut kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Hj. Septi Istiqlal, menyampaikan Dekranasda Pesbar merupakan wahana untuk mengembangkan potensi kerajinan daerah agar dapat memberikan nilai tambah dan nilai jual dalam menopang struktur perekonomian di Kabupaten Pesbar. Melalui program pengembangan produk industri fashion, sekaligus melibatkan peran wanita dalam peringatan Hari Ibu ke-91 di Kabupaten Pesbar diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat atau pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk menumbuhkan industri fashion.

“Selain itu dapat menunjang diversifikasi industri tapis yang diimplementasikan kedalam bentuk produk fashion,” ungkap Septi.

Masih kata Septi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan potensi daerah dibidang seni dan kerajinan dalam rangka mengembangkan dan mempertahankan jati diri dan kekhasan daerah. Selain itu dapat menampilkan produk kerajinan yang dikombinasi dengan produk fashion kekinian untuk memicu pengembangan produk fashion lainnya.

“Juga dapat meningkatkan peran masyarakat dalam pengembangan sektor industri pariwisata, khususnya industri fashion,” ujarnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini diikuti oleh perwakilan OPD dilingkungan Pemkab Pesbar hingga perwakilan Kecamatan yang ada di Kabupaten setempat. Dengan diramaikan gelar dagang UKM kerajinan. Dalam kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan ide dan potensi baru dalam pengembangan seni maupun produk kerajinan di Negeri Para Sai Batin dan Ulama ini.

“Untuk itu semua pihak diharapkan dapat terus bersinergi, sehingga semua yang diharapkan tersebut bisa tercapai maksimal,” jelasnya.

Dekranasda Pesbar, kata dia, ditahun 2020 juga rencananya akan memiliki gedung untuk galeri kerajinan. Sehingga itu tentunya menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Pesbar. Karena dengan adanya gedung galeri kerajinan Dekranasda nanti akan menjadi contoh kecil untuk pengembangan kerajinan.

Terlebih, Dekranasda Pesbar hingga kini juga masih terus aktif untuk mengikuti event-event kegiatan dalam mempromosikan produk hasil kerajinan daerah baik even ditingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional. Selain itu Dekranasda juga masih terus berupaya untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pelaku usaha seperti pelatihan sulam tapis, batik dan lainnya.

“Karena itu dengan adanya gedung galeri kerajinan yang akan dibangun dan juga dengan dilakukannya berbagai pelatihan kerajinan diharapkan semua masyarakat ataupun pelaku usaha dapat memaksimalkan potensi kerajinan di Pesbar,” ujarnya.

Sementara dalam kesempatan itu, Syamsu Hilal menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya Pemkab untuk meningkatkan perkembangan melalui ekonomi kerakyatan dan pariwisata, sentra-sentra kerajinan sebagai basis ekonomi kerakyatan, juga perlu terus menerus ditingkatkan dan memberikan pembekalan kepada masyarakat.

“Kemajuan dalam meningkatkan ragam dan kualitas produk kerajinan yang berdaya saing tentu tidak terlepas dari peran Dekranasda, untuk itu saya sangat mendukung diadakannya kegiatan ini untuk memacu para penggiat seni dalam mengembangkan produk khas Kabupaten Pesbar yang bersaing di pasar Nasional bahkan Internasional,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan Krui Fashion Show 2019 itu untuk tingkat Kecamatan juara I yakni Kecamatan Lemong, juara II Kecamatan Karyapenggawa dan juara III kecamatan Pesisir Tengah. Sementara juara harapan tingkat Kecamatan yakni juara harapan I di raih kecamatan Bangkunat, juara harapan II kecamatan Pesisir Utara dan juara harapan III diraih kecamatan Ngambur.

Sedangkan untuk tingkat OPD juara I yakni BKD, juara II Bagian Protokol Setdakab Pesbar dan juara III Sekretraiat DPRD Pesbar. Sementara untuk juara harapan tingkat OPD yakni juara harapan I Dinsos, juara harapan II DPMPTSP dan juara harapan III Diskominfo Pesbar.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait