Delapan Poktan Dapat Kucuran DAK   

  • Whatsapp
Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian DTPH Lambar Antoni Zakaria

Medialampung.co.id–  Delapan kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Lambar akan mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) penugasan bidang pertanian tahun 2020.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian  Antoni Zakaria mendampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P, mengungkapkan, tahun ini Kabupaten Lambar mendapatkan alokasi DAK bidang pertanian sebesar Rp1,2 miliar lebih dan akan dialokasikan kepada delapan poktan dalam bentuk pembangunan Dam parit, irigasi pompa dan embung.

Bacaan Lainnya



“Pembangunan akan dilakukan swakelola oleh kelompok tani, dan saat ini prosesnya sedang mengajukan pencairan dana tahap pertama,” kata Antoni.

Kata dia, untuk DAM parit yang akan dibangun empat unit untuk Poktan Sang Muakhi Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit, Poktan Agung Jaya Pekon Bumiagung Kecamatan Belalau, Poktan Mekarjaya Pekon Sukabumi Kecamatan Batubrak, dan Poktan Bina Tani Pekon Sukajaya Kecamatan Kebuntebu.

Sedangkan embung ada dua unit untuk Poktan Jejama Pekon Suoh Kecamatan Bandarnegri Suoh dan  Poktan P3A Sehati Pekon Muarajaya I Kecamatan Kebuntebu. Sementara irigasi pompa akan dialokasikan untuk Poktan Karya Muda 2 Pekon TuguRatu Kecamatan Suoh dan Poktan Petani Jaya 5 Pekon Gunungratu Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

“Dengan adanya DAK bidang pertanian tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan produksi beras di Kabupaten Lambar,” ucapnya. 

Lanjut dia, untuk DAK tahun 2019 lalu dialokasikan untuk pembangunan DAM parit, jalan usaha produksi, embung serta irigasi pompa. Untuk pembangunan DAM parit dilaksanakan di Pekon Turgak dan Pekon Bumiagung Kecamatan Belalau, serta Pekon Suoh dan Pekon Bumi Hantatai Kecamatan Bandarnegri Suoh, serta pembangunan BPP. 

Lalu jalan usaha produksi dilaksanakan di Pekon Bumi Hantatai Kecamatan Bandarnegeri Suoh, sedangkan empung dibangun di lima lokasi yakni Pekon Bunyerupa Kecamatan Sukau, Pekon Pagardewa Kecamatan Sukau, Pekon Muarajaya I dan Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu, serta  Pekon Sumberagung Kecamatan Suoh.

Sementara  irigasi pompa difokuskan di Kecamatan Bandarnegeri Suoh tepatnya di Pekon Srimulyo, Pekon Trimekarjaya dan Pekon Tanjungsari. (lus/mlo)



Pos terkait