Demi Kenyamanan Bersama, Aparatur Desa Karanganyar Inisiatif Pindahkan GTT Listrik

  • Whatsapp
Kepala Desa Karanganyar Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan, Hi. Sumanto

Medialampung.co.id – Aparatu Desa Karanganyar, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), berinisiatif memindahkan dua gardu trafo tiang (GTT) listrik milik PT PLN yang berada di sekitar perempatan jalan Tugu Karanganyar.

Kepala Desa Karanganyar, Hi. Sumanto mengatakan, pemindahan gardu tersebut dilakukan mengingat selama ini keberadaannya dinilai cukup mengganggu pengguna jalan.

Bacaan Lainnya



”Memang selama ini masyarakat sudah beberapa kali mengusulkan kepada kepala desa agar tiang gardu listrik itu dipindah. Sebab, jalur antar provinsi dari Bandarlampung-Metro itu menjadi sempit sehingga lalu lintas terganggu akibat tiang gardu terlalu ke tengah,” ujarnya.

Terus dia, selaku kepala desa, Hi. Sumanto merasa apa yang diusulkan warganya itu menjadi salah satu pekerjaan rumah yang seyogyanya perlu dipenuhi. Itu tentunya sebagai bentuk perhatian dan kepedulian aparatur Pemerintahan Desa Karanganyar terhadap masyarakat.

”Karena itu, hari ini kita lakukan pemindahan atau bergeser sekitar dua meter ke arah barat, sehingga perjalanan lalu lintas di titik tersebut tidak lagi terganggu. Sebelum dilakukan pemindahan, kami lebih dulu berkoordinasi dengan pihak PLN, yang akhirnya dua tiang gardu itu disetujui untuk dipindah,” terangnya.

Hi. Sumanto menjelaskan, karena pemindahan itu atas permintaan masyarakat desa, sehingga desa merupakan pemohon. Artinya, biaya pemindahan tersebut di luar tanggung jawab PLN, atau dibebankan kepada pemohon.

”Anggaran pemindahan dua tiang gardu itu memakan biaya sekitar Rp28 juta sampai Rp30 juta. Untuk memenuhi itu, kita memanfaatkan sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) Dana Desa (DD) tahun 2019/2020. Jadi desa juga tidak memungut biaya dari masyarakat. Apa lagi dalam kondisi seperti sekarang ini, kasihan masyarakat,” imbuhnya.

Tambah dia, pengerjaan tersebut ditarget rampung dalam satu hari dengan menggunakan jasa petugas PLN. ”Mudah-mudahan setelah ini (tiang gardu trafo) dipindah, tidak ada lagi kejadian kecelakaan lalu lintas di lokasi tersebut. Sebab, sebelumnya pernah kejadian truk Fuso menabrak tugu karena sempitnya badan jalan,” tutupnya. (adv/wji/mlo)



Pos terkait