Demplot Dikawasan Hutan Batu Tegi Diresmikan

  • Whatsapp
Demplot di Kawasan Hutan Register 39 Batutegi didirikan untuk membuat hutan lestari dengan melibatkan peran petani HKm. - Foto Rio/rnn/mlo

Medialampung.co.id – Kesatuan Pengelola Hutan Lindung VIII Batu Tegi, Kecamatan Airnaningan membuat Demonstration Plot (Demplot) atau lahan percontohan di Register 39.

Demplot ini dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri Lestari yang merupakan petani pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) dalam menjalankan Demplot ini petani mendapat dukungan dari International Animal Rescue (IAR).

Bacaan Lainnya



Peresmian Demplot sendiri dihadiri Kabid Pengelolaan DAS dan RHL, Dishut Provinsi Lampung MD. Wicaksono, Kepala Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung (BP DAS HLWSWS) Idi Bantara, Kepala KPHL VIII Batu Tegi Ruchyansyah, Ketua Gapoktan Mandiri Lestari Eko dan pihak dari IAR, Miftahul Huda.

Kepala KPHL VIII Batu Tegi, Ruchhyansyah mengatakan bahwa, tujuan dibuatnya Demplot di kawasan Register 39 adalah untuk melestarikan hutan dan merebilitasi hutan.

”Demplot ini luasnya 10 hekrtare yang dikelola oleh Sembilan kelompok petani dibawah naungan Gapoktan Mandiri Lestari, adapun tanaman yang ditanam mulai dari Kemiri, Petai, Durian, Alpukat dan Jengkol. Harapannya Demplot ini menjadi penyangga blok inti register 39,” ujarnya.



Pos terkait