Dendi Ramadhona Siap Jadi Orang Pertama yang Divaksin di Pesawaran

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona siap menjadi orang pertama mendapatkan vaksinasi bersama dengan Forkopimda dan tenaga kesehatan di Kabupaten Pesawaran.

“Beliau (Bupati) siap menjadi orang pertama divaksin bersama dengan tenaga kesehatan dan forkopimda Pesawaran pada tahap pertama ini. Untuk jadwalnya menunggu informasi lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Provinsi. Namun vaksin untuk kabupaten pesawaran akan tiba sekitar Februari mendatang,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran,drg. Yasmin, Kamis (14/1).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, pemerintahan Pesawaran telah mengusulkan kebutuhan vaksin ke Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi sebanyak 1320 untuk tenaga kesehatan dan 10 pejabat Forkopimda yang akan dilaksanakan pada tahap pertama.

“Vaksinasi akan disuntik dua kali dengan jarak dua kali dengan jarak dua minggu,” ucapnya.

Sedangkan lanjut Direktur RSUD Pesawaran ini, tenaga kesehatan yang bertugas menjadi vaksinator berjumlah 75 nakes. Yang terdiri dari 13 puskesmas, Dinas Kesehatan dan rumah sakit. Dimana dalam 3 hari, sejak hari ini vaksinator mengikuti pelatihan secara daring.

“Kriteria penerima vaksin ini kan usia 18 sampai 59 tahun. Sedangkan untuk lansia masuk dalam gelombang kedua,” jelasnya.

Menurut Yasmin, setelah pelatihan, petugas vaksinator akan mensosialisasikan mekanisme dan ketentuan dan prosedur pelaksanaan vaksinasi yang harus dipatuhi oleh penerima vaksin.

“Usai pelatihan, petugas nakes yang menjadi vaksinator akan sosialisasi ke instansi, puskesmas atau faskes serta masyarakat pesawaran,” pungkasnya. (ozi/mlo)


Pos terkait