Desa Jatimulyo Musrenbang Desa TA 2022 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Kebupaten Lampung Selatan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) tahun anggaran 2022 di aula balai desa setempat, Senin (4/10).

Dalam kesempatan itu turut dihadiri Camat Jatiagung Eko Irawan, S.STP, M.M., Kades Jatimulyo Sumardi, S.E., Jajaran Uspika Kecamatan meliputi Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) se Kecamatan Jatiagung, Bhabinkamtibmas,Babinsa, BPD, pendamping kecamatan, pendamping desa serta Kadus, RT dan tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Musrenbang merupakan penjabaran tentang rencana pembangunan desa yang diusulkan yang melalui musdus yang telah dilaksanakan di setiap dusun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Camat Eko Irawan menyampaikan bahwa musrenbang yang akan diusulkan dan diterapkan tidak hanya menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur, melainkan masyarakat harus bisa membangun jangka panjang melalui pembangunan mutu manusia agar nantinya generasi penerus bisa hidup sehat, bermutu dan berkualitas.

“Karena infrastruktur itu pembangunan jangka pendek,mengapa karena bisa hancur yang disebabkan oleh bencana maupun waktu,jadi pembangunan jangka panjang juga harus juga jadi fokus usulan,” ujar mantan camat Natar tersebut.

Camat Jatiagung Eko Irawan menyampaikan bahwa Musrenbang yang akan diusulkan dan ditetapkan tidak hanya menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur, melainkan masyarakat harus bisa membangun jangka panjang melalui pembangunan mutu manusia agar nantinya generasi penerus bisa hidup sehat, bermutu dan berkualitas.

“Karena infrastruktur itu pembangunan jangka pendek, mengapa karena bisa hancur yang disebabkan oleh bencana maupun waktu,jadi pembangunan jangka panjang juga harus juga jadi fokus usulan,” ujarnya.

Dimana semua itu terdapat dalam program SDGs yang meliputi peningkatan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan, swasembada gizi, peningkatan perekonomian masyarakat serta yang tak kalah penting pengentasan stunting,” terangnya.

Serta camat juga menghimbau dan mengajak untuk meningkatkan program gotong royong dalam melaksanakan pembangunan ,karena dengan gotong royong bisa meringankan anggaran pembangunan sehingga Anggaran bisa dialihkan untuk pembangunan yang lain.

Sementara dalam sambutannya Kepala Desa Jatimulyo Sumardi, SE., mengatakan selain pembahasan dan usulan di tahun anggaran 2022 juga dipaparkan anggaran di tahun 2021 yang telah dilaksanakan,yang meliputi pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, penanganan Covid-19 serta pembangunan fisik infrastruktur yang berupa rabat beton yang telah dilaksanakan di dua dusun.

“Selain peningkatan jalan yang sempat tertunda di 2021 ada juga peningkatan aksi gizi serta program stunting serta peningkatan perekonomian masyarakat melalui program olahraga dan karang taruna untuk pembangunan di tahun 2022 yang menggunakan Dana Desa terfokus pada drainase serta pembangunan infrastruktur jalan di dusun 4 dusun 5 serta 2D dan yang menggunakan anggaran APBD mengharapkan jalan hotmix si jalan Gajahmada, Jalan Pesirah jalan tembus Banjaragung serta jalan penghubung di Dusun 4,” terangnya. (wji/mlo)


Pos terkait