Desa Rulungsari Musrenbangdes 2021

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Rulungsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2021, Selasa (13/10)

Dalam agenda tersebut, tampak hadir Sekcam Natar Agus Lani, S.H., tim pendamping kecamatan, pendamping desa, LHP, PMD, Bhabinkamtimas, Babinsa, tokoh masyarakat, Linmas, aparatur desa serta berbagai lembaga desa seperti PKK, Karangtaruna dan BUMDES 

Dalam agenda tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta dilanjutkan dengan lagu mars Lampung Selatan. 

Dimana kegiatan Musrenbangdes adalah langkah cepat Desa Rulungsari untuk penyusunan Rencana Kerja Desa (RKD) tahun anggaran 2021.

Dalam sambutannya, Kades Rulungsari Hi. Bambang TR mengucapkan terimakasih kepada Sekcam Natar, Bhabinkamtibmas Babinsa, tim pendamping kecamatan, pendamping lokal desa, aparatur desa, Linmas  Kadus, RT/RW serta masyarakat Rulungsari yang berkenan hadir. 

Menurut Bambang, apa yang diperoleh desa merupakan buah dari kerja semua pihak, mulai dari perangkat desa hingga masyarakat, pihak kecamatan, babinsa, babinkamtibmas dan pendamping desa. Musrenbangdes adalah musyawarah untuk menyusun rencana kerja pemerintah desa tahun anggaran 2021.

Materi rencana kerja berasal dari hasil Musdes Rulungsari dan juga usulan masyarakat sebagai respon dari kondisi saat ini.

Dimana rancangan kerja desa itu nantinya akan menjadi dasar dalam pembahasan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBD) tahun anggaran 2021.

Sementara Sekcam Agus Lani menyampaikan, diawal tahun wabah virus corona melanda maka pemerintah desa  mengalokasikan anggaran dana desa buat penanggulangan masyarakat yang terkena dampak virus corona melalui BLT-DD.

Dimana untuk BLT-DD tahap pertama (April-Juni) sebesar 600 ribu, dan tahap dua (Juli-september) sebesar Rp300 ribu. Namun dikarenakan virus corona masih melanda, maka pemerintah pusat melalui Kemendes menambah tiga bulan kedepan (Oktober-Desember).

“Dan untuk Rulungsari BLT-DD tahap tiga (Oktober-Desember) tidak bisa disalurkan dikarenakan sisa annggaran DD tidak cukup untuk alokasi 211 KPM bulan Oktober-Desember,” ungkapnya. 

Adapun usulan prioritas untuk tahun anggaran 2021 yang dimasukan dalan APBD Desa Rulungsari meliputi kegiatan fisik dan nonfisik. 

Adapun kegiatan fisik meliputi Peningkatan Rabat Beton di tiga titik (RT 3, RT 5), peningkatan Paving Blok (RT 1) peningkatan kegiatan onderlagh (RT 10, 11 dan penghubung Dusun 2-Dusun 3) Pembangunan Puskesdes (RT 16). (wji/mlo)



Pos terkait