Desmalia Targetkan Tahun Ini Kecamatan Airhitam Raih ODF

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskemas Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan verifikasi program stop buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), Senin (8/3).

Di acara itu, hadir Camat Airhitam Drs. Dahlin, M.M., seluruh peratin, juga petugas terkait lainnya seperti Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta utusan masyarakat.  

Bacaan Lainnya


Dalam hal itu Kepala UPT Puskesmas Desmalia, S.St., menyampaikan tahun ini (2021) ditargetkan Kecamatan Airhitam mampu meraih status ODF. 

“Saat ini di kecamatan ini baru Pekon Semarangjaya yang sudah ODF, artinya Sembilan pekon lagi yang masih jadi PR untuk meraih status Stop Buang Air Besar Sembarangan,” tegas Kapus yang baru Satu bulan menjabat tersebut. 

Dijelaskan Desmalia ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak BAB sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

“Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu berkomunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif telah bebas dari perilaku BAB sembarangan,” jelasnya.

Demalia menyebutkan, upaya meraih target ODF untuk sembilan pekon mulai dari Gunungterang, Sinarjaya, Rigisjaya, Sumberlam, Sukajadi, Sukadamai, Sidodadi, Manggarai dan Srimenanti, selain akan lebih mengintensifkan koordinasi, petugas puskesmas akan terjun ke masyarakat guna melihat langsung kondisi kelayakan sarana BAB (toilet).

“Kita juga akan menyiapkan peralatan pembuatan kloset bagi rumah tangga pra sejahtera,” ungkapnya. 

Sementara Camat Dahlin, mengharapkan apa yang menjadi target tersebut mampu diraih dan Kecamatan Airhitam bisa menjadi kecamatan ODF.

“Tentunya bidang kesehatan ini menjadi salah satu program unggulan Bupati Lambar Parosil Mabsus, yang didalamnya capaian raihan Kabupaten Lambar ODF. Karena itu ayo kita laksanakan sebab keuntungannya untuk kesehatan masyarakat Airhitam,” ujarnya. (r1n/mlo)




Pos terkait