Dewan Juri Lakukan Penilaian di Perpustakaan Padangtambak

  • Whatsapp
Foto Doc - PERPUSTAKAAN: Dewan juri tingkat nasional dan tim Perpustaakan Provinsi Lampungmelakukan penilaian sekaligus verifikasi data pendukung lomba perpustakaan desa tingkat nasional di Perpustakaan Pekon Padangtambak Kecamatan Waytenong Kabupaten Lambar, Minggu-Selasa (21-22/7/2019).
Foto Doc – PERPUSTAKAAN: Dewan juri tingkat nasional dan tim Perpustaakan Provinsi Lampungmelakukan penilaian sekaligus verifikasi data pendukung lomba perpustakaan desa tingkat nasional di Perpustakaan Pekon Padangtambak Kecamatan Waytenong Kabupaten Lambar, Minggu-Selasa (21-22/7/2019).

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT –  Dewan juri tingkat nasional yang terdiri dari Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib, Teuku Syamsul Bahri, SH, M.Si (Perpusnas), Aan Prastyo (Depdagri),  Dra. Nurwid (Perpusnas), bersama  Dra. Nella Wati, M.M ( Perpustaakan Provinsi Lampung)  melakukan penilaian sekaligus verifikasi data pendukung lomba perpustakaan desa tingkat nasional di Perpustakaan Pekon Padangtambak Kecamatan Waytenong Kabupaten Lambar, Minggu-Selasa (21-22/7/2019)

Penilaian itu dilakukan karena Perpustakaan Pekon Padangtambak Kecamatan Waytenong Kabupaten Lambar lolos dalam babak enam besar klaster B tingkat nasional pada lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional tahun 2019.

Bacaan Lainnya



Saat membuka  acara verifikasi data pendukung lomba perpustakaan desa tingkat nasional, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin mengatakan,  dirinya mengapresiasi capaian perpustakaan Pekon Padangtambak yang tah masuk nominasi enam besar klaster B pada lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

 “Harapkan saya melalui capaian ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja perpustakaan Pekon Padangtambak dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus dapat menjadi stimulan bagi masyarakat untuk semakin aktif dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa atau pekon,” ungkap Mad Hasnurin.

Menurut dia, penunjang dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah melalui pemanfaatan perpustakaan, diharapkan dapat memotivasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada di Lampung Barat dan dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan minat baca tulis. “Adanya perpustakaan ini merupakan salah satu sarana pendidikan karena ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk peningkatan akses pendidikan,” imbuhnya

Lanjut dia, di Kabupaten Lambar telah ada 598 perpustakaan dengan 10.030 judul buku dan 22.362 eksemplar dan dalam rangka melayani masyarakat di plosok, Pemkab Lampung Barat menyediakan empat armada keliling yang terdiri dari tiga mobil perpustakaan keliling dan satu unit motor roda tiga yang mengelilingi 15 kecamatan. “Kemudian telah diresmikan pula pekon literasi di Padangtambak ini,” ucapnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Drs. Saripan Halim mengungkapkan, dewan juri tingkat nasional saat ini sedang melakukan penilaian di perpustakaan Pekon Padangtambak. “Semoga saja perpustakaan Pekon Padangtambak meraih juara pada ajang bergensi di tingkat nasional tersebut,” kata dia

Dijelaskannya, Perpustakaan Pekon Padangtambak mewakili Provinsi Lampung untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional dan ternyata lolos enam besar klaster B tingkat nasional.

Terkait hal itu, dewan juri tingkat nasional  melakukan kunjungan dalam rangka penilaian di lapangan dan nantinya hasil penilaian lapangan akan menjadi pertimbangan untuk menentukan perpustakan desa/kelurahan terpilih sebagai calon pemenang lomba tingkat nasional yang akan diundang ke Jakarta untuk menyampaikan presentasi pada tahap granf final.

“Usai melakukan penilaian,  pada tgl 15-16 Agustus 2019 dilanjutkan persentase di Perpusnas RI d Jkrt, dihadapan Tim Juri untuk menentukan terbaik ke-1 dari klasterisasi B. Mudah-mudahan Perpustakaan Pekon Padangtambak menjadi pemenang lomba di tingkat nasional,” harapnya seraya menambahkan,  selain Perpustakaan Padangtambak, juga terdapat 17 perpustakan lainnya di Indonesia yang akan dilakukan penilaian oleh tim dewan juri tingkat nasional.(lus/mlo)



Pos terkait