Dewan Minta Kualitas Pangan Program BPNT Ditingkatkan

  • Whatsapp
Ilustrasi e-warong

Medialampung.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat Herwan, S.H  meminta agar kualitas pangan di e-Warong dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) khususnya beras ditingkatkan.

Permintaan dari wakil rakyat itu demi meminimalisasi keluhan keluarga penerima manfaat BPNT, agar tidak seperti program bantuan sosial beras  sejahtera (Bansos Rastra) sebelumnya.

Bacaan Lainnya



“BPNT sebagai konversi beras untuk keluarga penerima manfaat harus dijaga kualitasnya. Jangan seperti bansos rastra yang selama ini kita tahu cukup banyak menuai keluhan,” ungkap Herwan.

Bahkan, kata dia, jika nantinya terdapat keluhan dari masyarakat khususnya keluarga penerima BPNT, pihaknya meminta kepada instansi terkait agar segera merespon dengan mengecek kualitas beras tersebut.

“Kalau pun nanti ada kualitas beras yang dikeluhkan kita minta di cek lah, harus kita pastikan itu layak di konsumsi manusia, karena besar kemungkinan pasti ada masukan dari masyarakat,”imbuhnya.

Diakuinya, BPNT memang efektif untuk membantu masyarakat memenuhi bantuan pangan, khususnya beras dan telur, melalui sistem non tunai atau kartu elektronik. Masyarakat penerima bantuan dapat membeli beras dan telur melalui e-Warong dengan mendapatkan jatah senilai Rp110.000/bulan.

“Di satu sisi, skema BPNT memberikan keuntungan bagi masyarakat untuk dapat memilih barang kebutuhan pokok yang lebih berkualitas, nah kualitas ini yang kita maksud, jangan sampai merugi karena tidak sesuai peraturan. Kalau aturannya harus beras premium jangan diganti medium,”tegasnya.

Disamping itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menegaska jika setelah duduk di komisi yang membidangi hal tersebut, dirinya tidak segan untuk bersikap tegas menindaklanjuti keluhan masyarakat dalam penyaluran BPNT.

“Nanti dalam rapat akan kita bahas juga untuk memperkuat pengawasan dalam penyaluran BPNT, bahkan jika nanti dalam pembentukan komisi kebetulan masuk dalam bidang ini maka kami pun akan bersikap tegas dan memastikan menindaklanjuti setiap keluhan yang masuk,” tegasnya.(edi/lus/mlo)



Pos terkait