Dewan Soroti Adanya BUMPekon yang Gulung Tikar

  • Whatsapp
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Barat Hi. Sutikno

Medialampung.co.id – Koordinator Komisi I sekaligus Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Barat Hi. Sutikno menyoroti Badan Usaha Milik Pekon (BUMPekon) yang tidak berkembang sesuai harapan, bahkan diantaranya ada yang sampai gulung tikar.

“Harapannya, BUMPekon bisa mengembangkan ekonomi masyarakat dan menjadi sumber pendapatan asli pekon (PAD). Sehingga kalau ada BUMPekon yang tidak berkembang bahkan ada yang sampai gulung tikar ini harus dievaluasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) dan Inspektorat,” ungkap Sutikno.

Bacaan Lainnya



Seharusnya, lanjut dia, OPD terkait yang memiliki fungsi pengawasan dan pembinaan mengoptimalkan fungsinya sehingga sebelum membuat BUMPekon harus ada kajian potensi usaha apa yang baik dan bisa berkembang serta bisa mendorong kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh pekon.

“Tentunya ini juga akan menjadi evaluasi pada saat hearing nanti, kami minta pemkab untuk mengevaluasi kinerja manajemen BUMPekon yang ada di Lambar, agar kedepan lebih inovatif dan produktif,”  imbuhnya.

Apalagi, kegiatan usaha milik pekon itu merupakan program prioritas oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Sehingga, keberadaan BUMPekon harus bisa dijadikan media untuk kesejahteraan dan kemandirian masyarakat pekon.

“Kami sebagai wakil rakyat hanya mendorong bagaimana pekon memiliki BUMPekon. Sebagai usaha milik pekon yang dikelola oleh warganya. Meski kami yakin sudah banyak pekon yang memiliki badan usaha itu, hanya tinggal memaksimalkan,” pungkasnya. (edi/lus/mlo)



Pos terkait