Diangkat Sebagai Kerabat Kepaksian Pernong, Ketua DPD RI l Diberi Gelar ‘Batin Gusti Calak Perkasa’

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ir. La Nyalla Mattalitti mendapat gelar sebagai Batin Gusti Calak Perkasa yang diberikan langsung oleh Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Bekhak yang dipertuan ke-23 pada acara puncak silaturahmi angkon muakhi yang digelar di lamban gedung dalom kepaksian pernong, Selasa (7/9).

Gelar bangsawan kerajaan itu diberikan setelah dilakukan prosesi adat angkon muakhi dengan YM La Nyalla Mahmud Mattalitti dan SPDB Pangeran Edward Syah Pernong yang berkenan menyambut harapan untuk bisa menjadi kerabat dilakukan dua kali penattahan adok/gelar adat.

Bacaan Lainnya

Pertama adok yang diberikan yakni Radin Gusti Calak Perkasa dan setelahnya dinaikkan satu tingkat lagi derajatnya menjadi Batin Gusti Calak Perkasa, juga diberikan lencana emas kepaksian, kikat hanuang bani, pemanohan berupa pedang dan selimpang.

PYM SPDB Edwar Syah Pernong mengungkapkan, gelar Batin Gusti Calak Perkasa yang diberikan kepada ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti memiliki arti yakni bangsawan yang gagah dan perkasa.

”Gusti Batin memiliki arti bangsawan, dengan kedudukan dan memiliki rakyat dengan struktur dibawahnya, kemudian Calak Perkasa memiliki arti gagah dan perkasa. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemuliaan kepada ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti,” ujar Edwar Syah.

Sementara Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti mengungkapkan, sebagai representasi daerah di level nasional, DPD RI berkomitmen untuk mendorong pemerintah pusat bersama pemerintah daerah untuk mengakui dan menghormati kerajaan Nusantara sebagai pondasi negara Republik Indonesia. 

”Kerajaan-kerajaan Nusantara ini berperan penting dalam asimilasi budaya karena itu dalam setiap kunjungan kerja ke daerah-daerah DPD RI selalu mengagendakan silaturahmi ke keraton keraton sebagai manifestasi dari akar budaya nasional,” ujarnya.

Ia mengajak agar semua bersama untuk mengakui dan menghargai keberadaan dan keragaman budaya Indonesia, menempatkan masyarakat sebagai pemilik dan penggerak kebudayaan, serta menempatkan kebudayaan sebagai haluan pembangunan nasional.

Dilain pihak, Juru bicara Kepaksian Pernong Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Raja Duta Perbangsa (RDP) Seem R Canggu mengungkapkan mengungkapkan, selain menerima adok/gelar adat, beberapa yang diserahkan oleh YM SPDB Edwar Syah Pernong kepada Ketua DPD RI YM La Nyalla Mattalitti yakni Kikat Hanuang Bani yang merupakan simbol kebangaan masyarakat adat SaiBatin dan simbol keberanian bagi masyarakat adat way handak, kemudian Pedang pusaka Raja Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, dan Selempang kebesaran Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

Dikatakannya, selain menghadiri puncak prosesi adat angkon muakhi, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti selama tiga hari mengikuti beberapa agenda yakni bersama dengan rombongan Senator sebanyak sekitar 40 orang tiba di Gedung Dalom Kepaksian Pernong, disambut langsung oleh PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Bekhak Yang DIpertuan Ke-23 dan langsung melakukan Ziarah di Pemakaman Raja-Raja Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Tambak Bata.

Kemudian, diadakan prosesi Angkon Muakhi dengan Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara YM. Bunda Yani dan menerima secara adat kunjungan para Raja Nusantara di Gedung Dalom Kepaksian Pernong. Kemudian rombongan juga menyempatkan melihat pemanohan-pemanohan (Pusaka) Gedung Dalom, didampingi langsung oleh PYM SPDB Pangeran Edward dilanjutkan dengan peninjauan Gedung Pekuwon yang masih dalam proses pembangunan dan terpaksa berhenti terdampak dari Covid-19.

Terselip harapan pihak DPD RI bisa mendorong pemerintah pusat untuk memberikan perhatian terhadap keberlangsungan pembangunan gedung adat tersebut dan hal tersebut direspon baik oleh La Nyalla serta akan diupayakan tim DPD RI, hal senada juga terungkap dari Sekjen MAKN, besar harapan mereka agar DPD RI bisa membantu mendorong pemerintah pusat untuk memberikan perhatian agar pembangunan gedung pekuwon dapat dilanjutkan sehingga akan menjadi pusat pelestarian adat dan keagungan adat kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong Lampung.

Untuk diketahui, prosesi adat angkon muakhi tersebut juga dihadiri bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin. PYM. Addatuang Sidenreng Dr. Ir. H Andi Achmad Faisal Sapada, SE. MM., Kepala Kanwil BPN Lampung Yuniar Hikmat Ginanjar, S.H., Anggota DPD RI Provinsi. Banten Drs. Ahmad Bastian SY., Anggota DPD RI Provinsi Lampung Hi. Bustami Zainudin S.Pd, M.H., Putri Raja Kupang NTT Dra. Hj. RA. Yani WSS Koesnowidjojo dan Donna Nisnoni, PYM Peniakan Khatu Kepaksian Pernong – PYM. 

Kemudian, Permaisuri Addatuang Sidenreng YM. Pun Gurti Komarawati., YM. Andi Maisarah, Anggota DPD RI DKI Jakarta Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni S.H,M.Si., Anggota DPD RI Provinsi Jawa Barat Dra. Ir. Hj. Eni Sumarni M.Kes., Anggota DPD RI Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muh Ihsan, Kyai Hi. Abdul Karim, Anggota DPD RI Provinsi Sulut Hi. Djafar Alkatiri, M.M., M.Pd.I., Anggota DPD RI Provinsi NTT Angelius Wake Kako, Rahman Hadi, Bangsawan Kerajaan Kabaena-Sulawesi Tenggara DR Yurisman Star, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom. (edi/mlo)


Pos terkait