Diberhentikan Sepihak, Pasukan Orange Geruduk DLH Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Puluhan petugas kebersihan yang bertugas membersihkan jalan protokol mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup, di Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis (1/7).

Kedatangan puluhan petugas kebersihan itu untuk mempertanyakan alasan pemecatan sepihak oleh Pemerintah Kabupaten Pesbar melalui Dinas Lingkungan hidup, bahkan sebagian besar dari petugas itu telah mengabdi sejak Kabupaten Pesbar terbentuk.

Bacaan Lainnya

Fitria salah seorang petugas kebersihan mengaku kedatangan dirinya dan rekan-rekan pasukan orange lainnya untuk mempertanyakan penyebab mereka dipecat sebagai petugas kebersihan oleh DLH Pesbar.

“Kami datang kesini bukan tanpa alasan, pagi tadi kami bekerja seperti biasa membersihkan jalan protokol, tapi kami kaget ada petugas kebersihan yang baru dan saat kami tanya mereka ditugaskan untuk menggantikan posisi kami,” kata dia.

Menurutnya, karena ada informasi itu, maka dirinya bersama puluhan petugas kebersihan lainnya datang ke Kantor DLH, disana terpampang pengumuman perekrutan petugas kebersihan, tapi nama-nama petugas kebersihan yang lama sudah tidak ada lagi.

“Di dalam pengumuman itu nama kami sudah tidak ada lagi, malah diganti dengan nama-nama baru, sebelumnya kami juga tidak menerima pemberitahuan bahwa akan diberhentikan seperti ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, dirinya sudah bekerja sebagai petugas kebersihan sejak awal Kabupaten Pesbar berdiri, bahkan dari gaji hanya Rp400 ribu per bulan, setelah hampir selama delapan tahun gaji yang diterima juga hanya Rp600 ribu.

“Kamia hanya minta keadilan dari Dinas Lingkungan Hidup, kami mempertanyakan pemecatan sepihak yang dilakukan Pemda bahkan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, kedatangan puluhan petugas kebersihan itu diterima langsung oleh Sekretaris DLH Pesbar Ir. Muhyin, tapi di hadapan petugas kebersihan dirinya tidak tahu terkait pemecatan petugas kebersihan itu bahkan dirinya mengarahkan agar bertanya langsung ke Kabid Kebersihan atau Kadis Lingkungan Hidup.

“Saya tidak tahu terkait pemecatan petugas kebersihan itu, pengumumannya sudah ditempel, kalau mau lebih jelas silahkan temui Kabid Kebersihan atau Kadis secara langsung,” ungkapnya.

Terpisah, Kadis Lingkungan Hidup Husni Arifin, S.Ip., mengatakan bahwa pemecatan dan penetapan petugas kebersihan itu turun langsung dari Pemkab Pesbar yang ditandatangani langsung oleh Bupati Pesbar.

“Kami hanya meneruskan saja, pengumuman itu langsung turun dari Pemkab, bahkan langsung ditandatangani oleh Pak Bupati, jadi kami sifatnya hanya meneruskan instruksi saja,” kilahnya singkat. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait