Diduga Akibat Bakar Sarang Tawon, Hutan Bambu Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Diduga akibat pembakaran sarang tawon, hutan bambu di Pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terbakar sekitar pukul 17.30 WIB, Jum’at (25/10) kemarin.

Kebakaran Hutan Bambu yang masuk dalam kawasan Gunung Abung tersebut cukup membuat panik warga setempat lantaran saat ini sedang musim kemarau dan memang sejak beberapa hari terakhir suhu udara sedang cukup panas.

Bacaan Lainnya



Beruntung saja lokasi kebakaran masih dapat dijangkau oleh kenderaan pemadam kebakaran (Damkar), sehingga dalam waktu lebih kurang empat jam api dapat dijinakkan oleh petugas Damkar yang dibantu Aparat TNI Koramil Sumberjaya bersama Jararan Polsek Sumberjaya dan warga yang juga dipimpin langsung oleh Camat Sumberjaya, Agus Supriatna, S.P.

Berdasarkan keterangan kepala Damkar Sumberjaya Hengki Setiawan, S.H, M.H., hutan yang terbakar itu berupa Hutan Kemasyarakatn (HKm), kuat dugaan api berasal dari pembakaran sarang tawon. Dan saat ini pihak berkompeten masih melakukan menyelidiki siapa pelaku pembakaran tersbeut. “Alhamdulilah tidak ada korban, karena lokasi kebakaran masih jauh dari pemukiman warga, dan lahan yang terbakar juga sedikit,” ujarnya.

Terpisah, Agus Supriatna secara tegas mengingatkan semua pihak untuk dapat bersama-sama menjaga lingkungan seperti dengan tidak melakukan aktifitas yang membahayakan seperti pembakaran, karena dalam situasi kemarau seperti saat ini kebakran masih sangat rentan terjadi. “Jangan salahkan aparat jika ada oknum yang harus diproses secara hukum lantaran melakukan tindakan yang membahayakan,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait