Diduga Akibat Korsleting Listrik, Satu Rumah Ludes Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Diduga akibat korsleting listrik, satu rumah panggung milik M. Basir (45) warga Pekon Bandarjaya Kecamatan Ngaras Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) ludes terbakar, sekitar pukul 18.30 WIB, Senin (21/10) kemarin.

Peristiwa itu selain meludeskan satu rumah juga menyebabkan adik korban yakni Apikri (29) mengalami luka bakar di bagian tubuh dan kedua kaki, pasalnya, saat kejadian ia berada di dalam rumah, dan sempat mendapat perawatan di Puskesmas Bengkunat.

Bacaan Lainnya



Sementara, keluarga lainnya yakni Bayanun (60), Lina (30) dan Ariya Ramadhan (6) berhasil menyelamatkan diri keluar rumah. Sedangakan, M. Basir sendiri saat kejadian sedang tidak berada di rumah.

Peratin Pekon Bandarjaya, Johansyah, mengatakan musibah kebakaran itu terjadi begitu cepat, terlebih dengan kondisi kemarau seperti sekarang membuat kobaran api sulit dipadamkan, selain itu rumah warga yang terbakar adalah rumah panggung yang terbuat dari kayu.

“Kebakaran itu diduga dari arus pendek listrik, sebab sebelumnya juga tidak ada yang mengetahui pasti musibah itu. Kemungkinan api berasal dari bagian atap rumah korban,” katanya, Selasa (22/10).

Ditambahkannya, kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB setelah dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi kejadian yang dibantu oleh warga dengan menggunakan peralatan seadanya. Sementara itu, dua rumah milik tetangga korban yakni Yohan Hadi dan Masti juga sempat terkena sambaran api namun dapat ditanggulangi sebelum sempat merambat.

Saat ini korban kebakaran itu masih tinggal di tempat keluarganya di pekon Bandarjaya. Akibat musibah kebakaran itu, kerugian yang dialami korban ditaksir berkisar Rp300 juta. Pihaknya juga masih melakukan pendatan untuk menyampaikan laporan secara tertulis ke Pemkab Pesbar.

“Tentu kita berharap adanya uluran tangan dari para dermawan untuk membantu keluarga korban yang terkena musibah tersebut serta bantuan dari Pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Bengkunat, Iptu Ono Karyono, S.H, M.H., mendampingi Kapolres Lambar, AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., membenarkan musibah kebakaran yang menghabiskan satu rumah milik M. Basir warga Pekon Bandarjaya itu. Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran rumah itu di duga akibat konsleting listrik yang mengakibatkan percikan api.

“Karena ada percikan api yang diduga berasal dari konsleting listrik itu sehingga membakar bagian atas rumah hingga meludeskan rumah warga itu, terlebih rumah itu merupakan rumah panggung dari papan sehingga kobaran api cepat merambat,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mendampingi kepala Dinas setempat, Hi. Marzuki, S.Ag, S.Pd, M.Pd., mengatakan setelah mendapat laporan secara lisan terkait adanya musibah  rumah warga di pekon Bandar Jaya Kecamatan Ngaras yang ludes terbakar itu dari Dinsos hari ini, melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial, dr. Edwin Ma’as, langsung mengunjungi korban kebakaran tersebut untuk menyalurkan bantuan sementara.

“Bantuan yang diserahkan itu berupa velbet, peralatan dapur, terpal, kornet, pakaian, alat makan, beras, selimut dan lainnya. mudah-mudahan bisa meringankan beban warga yang tertimpa musibah itu,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait