Diduga Lupa Matikan Api Tungku, Satu Rumah Ludes Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rumah depok kayu ukuran 5×8 meter persegi, milik keluarga Budi (58) warga Pemangku Mabu Jaya, Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) hangus dilalap si jago merah hingga rata dengan tanah pada pukul 13.00 WIB, Kamis (14/11).

Kebakaran yang menyebabkan kerugian sekitar Rp30 juta tersebut, ditengarai karena kelalaian pemilik rumah. Yang mana api sisa masak di tungku dapur belum sepenuhnya padam, dan tanpa disadari  membesar hingga melahap seluruh rumah.

Bacaan Lainnya



“Saat kejadian, pemilik rumah ada tapi api yang melalap rumah depok kayu itu tidak bisa dijinakkan karena dengan cepat membesar. Dan baru dapat dipadamkan secara total setelah warga membantu proses pemadaman,” terang jurtul Pekon Luas Lekat Riswan

Dijelaskanya, selain rumah, sejumlah harta benda dan surat penting lainnya tidak ada yang dapat diselamatkan. Untuk total kerugian di perkiraan mencapai Rp30 juta. ”Saat ini keluarga korban menumpang di rumah saudara yang tidak jauh dari tempat kejadian,” tegasnya.

Pihaknya juga menyebutkan musibah itu sudah dilaporkan kepada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), dan juga instansi terkait. “Ini sudah kami laporkan dan dinas berkompeten dan sudah memberikan respon,” kata dia.

Ditempat terpisah, Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) kecamatan belalau yang juga membawahi wilayah Kecamatan Batuketulis, mengaku telah menerima informasi adanya musibah kebakaran yang terjadi di wilayah itu, namun mengingat lokasi kejadian berada di daerah perkebunan maka pihaknya tidak dapat menjangkau lokasi

“Kita sudah mendapat informasi tapi lokasi tidak dapat di jangkau armada damkar. Tidak ada korban jiwa, hanya saja akibat musibah itu seluruh bangunan beserta isinya hangus terbakar,” kata kepala UPT Damkar Belalau Sahri, S.E.(edi/mlo)



Pos terkait