Diguyur Hujan, Dua Gorong-gorong di Trimulyo Ambles

Medialampung.co.id – Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak awal Januari menyebabkan terjadi banyak bencana alam yang berdampak pada kerusakan infrastruktur, mayoritas akses jalan.

Seperti akibat hujan yang mengguyur Kamis (13/1) menyebabkan amblesnya dua unit gorong-gorong badan jalan, titik pertama di ruas jalan penghubung Pemangku Talangpanjang Satu dan Empat, titik dua di Pemangku Talangpanjang Dua. Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian. 

Bacaan Lainnya

Upaya sementara yang dilakukan aparatur pekon dan warga,  membatasi badan jalan dengan batang pisang dan bambu agar kendaraan yang melintas tidak terjebak dan masuk jurang yang amblas. 

Aparatur pekon setempat Hadi Waluyo mendampingi Peratin Buchori menyebutkan, diperkirakan longsor terjadi antara pukul 19.00-20.00 WIB Kamis (13/1) malam. 

Meski masih dapat dilalui kendaraan, namun akibat kejadian itu kendaraan bermuatan berat seperti truk atau sejenisnya tidak diperbolehkan lagi melintas demi mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

“Dua titik badan jalan yang ambles ini merupakan jalan kabupaten. Dan kejadian ini sudah kami sampaikan ke peratin,” katanya.

Terpisah, Peratin Buchori menambahkan, kejadian itu sudah dilaporkan kepada Camat Gedungsurian M. Agus Setiawan, S.E, M.M., dan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar via WhatsApp.

“Sekarang kita sedang susun laporan tertulis,” imbuhnya.

Buchori juga menyampaikan, terjadi keretakan tanah di tanjakan menuju Tempat Wisata Temiangan Hill. 

“Kami berharap masyarakat untuk lebih berhati-hati selama cuaca ekstrim ini, karena wilayah kita merupakan daerah rawan bencana,” ajaknya. (r1n/mlo)

Pos terkait