Diguyur Hujan, Ruas Jalan Liwa-Sumberjaya Tertimbun Longsor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana longsor di ruas jalan Liwa-Sumberjaya tepatnya di Pekon Kubuliku Jaya, Kecamatan Batuketulis pada Selasa (31/12) sekitar pukul 15:00 WIB.

Besarnya volume material longsor mengakibatkan ruas jalan lintas nasional tersebut hanya dapat dilalui satu jalur. Sehingga untuk tetap menjaga kelancaran arus lalulintas, polisi menerapkan sistem buka tutup jalan.

Bacaan Lainnya



Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono S.H.,mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi S.Ik, M.H, mengatakan, bencana longsor itu terjadi ditengah guyuran hujan deras. Beruntung saat kejadian tidak ada pengendara yang melintas.

“Bencana longsor hampir menutupi seluruh bahu jalan, Namun berkat upaya bersama warga akhirnya  dapat dilalui satu jalur,” terang Suharjono.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masih menunggu alat berat untuk mengevakuasi material longsor guna mengurai kemacetan.

“Kami telah berkoordinasi dengan BPBD, saat ini anggota kita standby di lokasi untuk mengatur arus lalulintas, ,”imbuhnya.

Terpisah, Kabid Bantuan dan Kesiapsiagaan Hidayatullah, S.H., mendampingi kepala BPBD Drs. Gison Sihite., mengatakan, pihaknya telah menurunkan satu alat berat untuk segera melakukan evakuasi material longsor.

“Saat ini kami sudah menuju kelokasi dengan menurunkan satu unit alat berat untuk mengevakuasi material longsor,” kata dia.

Disamping itu, pihaknya mengimbau masyarakat khususnya pengguna jalan agar selalu waspada terutama di ruas jalan di kawasan perbukitan yang berpotensi terjadi longsor dan pohon tumbang. Sebab langkah antisipasi perlu dilakukan masyarakat guna mengurangi resiko saat terjadi bencana.

“Bagi pengendara kendaraan yang melakukan perjalanan agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk antisipasi segala kemungkinan dampak dari cuaca  ekstrim,” tandasnya.(edi/mlo)



Pos terkait