Dikabarkan Ada Harimau, Warga Diimbau Tidak Panik

Ilustrasi

Medialampung.co.id – Masyarakat khususnya, yang kerap masuk kawasan hutan atau yang berada di sekitar wilayah hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), seperti di wilayah Pekon Sumberejo, Kecamatan Bangkunat, diimbau tetap tenang dan waspada terkait ada informasi kemunculan harimau sumatera di wilayah kawasan hutan TNBBS itu.

Kapolsek Bengkunat AKP Hi. Suhairi, mendampingi Kapolres Lampung Barat, AKBP Hadi Saepul Rahman, S.Ik., mengatakan, berdasarkan informasi dari warga bahwa pada Minggu (2/1) atau sekitar dua hari lalu, ada warga yang sempat melihat harimau yang diperkirakan berjumlah dua ekor harimau berkeliaran di dalam kawasan pinggiran hutan TNBBS di wilayah Pekon Sumberejo.

Bacaan Lainnya


“Meski jauh dari pemukiman warga, tapi di wilayah itu kerap menjadi perlintasan masyarakat, karena di wilayah itu juga merupakan salah satu jalur untuk menuju wilayah Pekon Way Haru,” katanya, Selasa (4/1).

Dijelaskannya, dengan adanya informasi kemunculan harimau itu  diharapkan agar warga tidak panik, dan tetap beraktivitas seperti biasa. Dengan tidak mengganggu tempat habitat harimau tersebut, karena jelas itu akan sangat berbahaya bagi masyarakat itu sendiri. Mengingat, hewan buas yang dilindungi itu juga membantu manusia untuk penyeimbang ekosistem di dalam kawasan hutan.

“Kita juga masih berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya, mengenai informasi adanya keberadaan harimau sumatera yang ada di sekitar pinggir kawasan hutan TNBBS di Pekon Sumberejo tersebut,” jelasnya.

Masih kata Suhairi, bisa saja harimau dewasa yang diperkirakan dua ekor yang sempat dilihat oleh warga itu karena memang itu perlintasannya, dan secara kebetulan saat melintasi wilayah itu dilihat warga. Namun yang jelas pihaknya berharap jika memang masih ada warga yang kembali melihat harimau tersebut terutama di wilayah yang kerap dilintasi masyarakat untuk dapat melapor ke Polsek setempat ataupun pihak terkait lainnya.

“Mudah-mudahan kemunculan harimau itu tidak mengganggu warga, dan hanya melintas sesaat saja yang kemungkinan hanya mencari mangsa seperti babi hutan dan sejenisnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) TNBBS Wilayah II, Jimmy Fonda, mengatakan bahwa, hingga kini pihaknya belum mendapat informasi jika ada harimau yang berkeliaran di kawasan hutan TNBBS wilayah Bangkunat tersebut.

“Kita belum mendapat informasinya, kalau memang benar ada nanti segera kami tindaklanjuti,” singkatnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait