Dilanda Kekeringan, Warga Campangtiga Shalat Minta Hujan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kekeringan karena musim kemarau masih melanda sebagian wilayah Kabupaten Lampung Barat. Banyak lahan perkebunan yang kering sehingga mengakibatkan kerusakan pada tanamanan. Tak hanya itu, kekeringan juga menyebabkan terjadinya krisis air bersih seperti di Pekon Campangtiga, Kecamatan Batuketulis.

Berharap agar hujan segera turun, Warga Pekon Campangtiga, menggelar Shalat Istisqa di area perkebunan wilayah setempat, Minggu (20/10). Shalat itu diikuti oleh ratusan orang mulai dari remaja hingga orang tua.

Bacaan Lainnya



Peratin Campangtiga Landra menuturkan, Shalat Istisqo digelar dengan harapan Allah SWT segera menurunkan hujan. Mengingat saat ini, masyarakat setempat sudah kesulitan air bersih. Teriknya matahari tak menyurutkan niat warga untuk melangsungkan Sholat yang dimulai pukul 08.00 WIB.

“Kebun, area pertanian sudah kering. Ini bagian dari ikhtiar kami meminta hujan kepada Allah,” terang Landra.

Di wilayah itu sendiri, kata Landra, ada ratusan Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kekeringan akibat kemarau. Saat ini, masyarakat juga memanfaatkan sumber air yang masih tersisa, itupun kondisinya sudah mulai surut karena terus diambil warga.

“Tujuan Shalat Istisqa ini adalah untuk memohon agar Allah SWT bisa segera memberikan suasana sejuk, serta segera menurunkan hujan. Sehingga kondisi alam tak lagi terasa panas seperti sekarang,” harapnya

Sekadar diketahui, di sebagian besar wilayah Lambar kini telah mulai turun hujan, namun itu belum terjadi di wilayah setempat. Karena daerah tersebut didominasi oleh perkebunan maka kondisi ini sangat berdampak pada kualitas tanaman kopi.(edi/mlo)



Pos terkait