Dinas Ketahanan Pangan Pesbar Akan Kembangkan P2L

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upaya mendukung ketahanan pangan sebagai sumber pangan keluarga, terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) di tahun anggaran 2021 akan mengembangkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ke masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kabupaten setempat.

Kepala DKP Pesbar, Nawardi, S.H., mengatakan program P2L yang akan digulirkan di tahun 2021 itu sama dengan tahun lalu, yakni program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang salah satunya tujuannya untuk mendukung ketahanan pangan terutama di lingkup keluarga. Ditengah wabah Covid-19 ini tentu peran sektor pertanian dalam mendukung ketahanan pangan cukup penting.

Bacaan Lainnya

“Karena itu, kita berharap kepada KWT di Kabupaten Pesbar ini yang akan mendapat program P2L itu agar dapat melaksanakan program dan kegiatan dengan baik dan maksimal,” katanya, Selasa (2/3).

Dijelaskannya, kegiatan P2L yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Pesbar di tahun ini selain untuk mendukung program Pemerintah terutama penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan maupun ketahanan pangan, juga untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan pekarangan yang ada di lingkungan masyarakat. Khususnya dimanfaatkan untuk menjadi lahan produktif sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga maupun meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Seperti dimanfaatkan untuk menanam sayuran, dan sebagainya. Untuk itu, kita sangat mendorong masyarakat agar pemanfaatan pekarangan rumah yang ada bisa maksimal sebagai sumber pangan keluarga,” ujarnya.

Masih kata dia, ada beberapa manfaat dalam pengembangan program P2L yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pesbar ini antara lain sebagai pemenuhan pangan dan gizi keluarga, peningkatan perekonomian maupun pendapatan keluarga, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanganan rawan pangan dan gizi.

“Kegiatan P2L yang akan dikembangkan di Pesbar ini nanti tentu diharapkan mampu membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga di tengah wabah Covid-19 yang belum berakhir ini. Untuk memaksimalkan P2L di Pesbar ini berkembang, kita tetap melibatkan KWT yang ada,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait