Dinas Pariwisata Lakukan Pembinaan Desa Wisata 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pariwisata, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dipimpin Kadis Pariwisata Tri Umaryani, berkunjung ke Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya, dalam rangka pembinaan Desa Wisata. 

Seperti diketahui, Pekon Sukajaya dan Sindangpagar berstatus Desa Wisata, hal itu atas kepemilikan spot wisata yang sudah dikenal luas, seperti Arung Jeram Sungai (Way) Besai, dan wisata Puncak Rest Area.  

Bacaan Lainnya


Dalam pembinaan itu, tim Dinas Pariwisata didampingi oleh pihak Kecamatan Sumberjaya, yang dipimpin langsung Camat Ernawati, S.E., dengan peserta pembinaan pengurus Bumdes Tirtajaya Sukajaya, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dana jajaran aparatur pekon. 

Kepada awak media ini, Tri Umaryani menyebutkan, pembinaan itu adalah upaya dalam membangun sinergitas antara semua leading sector baik di tingkat pekon, kecamatan dan kabupaten dalam mengebangkan wisata yang dimilik.

“Kita memang intens melakukan pembinaan salah satunya Pekon Sukajaya yang merupakan Desa Wisata,” terangnya. 

Ia berharap upaya mewujudkan Desa Wisata bisa menjadi komitmen bersama. Pasalnya jika bicara tentang desa wisata bukan bicara tentang arung jeram (rafting) lagi, melainkan terhadap keterlibatan bersama seperti peran serta masyarakat. Terbangnya wisata kuliner, bangkitnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), atau tergalinya potensi lain yang memang ada di pekon itu, 

Oleh sebab itu, Tri Umaryani mengajak aparat pekon untuk mengidentifikasi potensi wisata yang ada.

“Harapan kami, pekon khususnya peratin yang menjadi inisiator mampu membuat kesepakatan membangun wisata pekon bersama warga. Karena dalam membangkitkan wisata ini gak bisa sendiri melainkan harus ada peran warga dengan komitmen bersama,” harapannya. 

Dan untuk mewujudkan itu, Tri Umaryani meminta pengurus BUMDes maupun pokdarwis, tidak perlu muluk-muluk dalam menyiapkan fasilitas apalagi harus terkesan mewah dan modern, melainkan justru angkat kearifan lokal seperti bangun gazebo menggunakan bambu yang memang banyak tersedia di pekon.

Karena dari kacamatanya, saat ini  keberadaan wisata di Kabupaten Lambar sudah mulai bangkit, hanya saja belum dilirik seluruh masyarakat. 

Maka dari itu menjadi tugas pemerintahan pekon, BUMDes dan pokdarwis, dalam mengembangkan paket wisata. Dan pemerintah khusus Dinas Pariwisata, akan memfasilitasi, salah satu terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petugas wisata, yang menjadi ujung tombak. 

“Kalau gak ada SDM yang memadai maka apa yang kita harapkan selamanya hanya akan menjadi cita-cita semata,” ujar pihaknya. 

Sementara itu, ditambahkan Camat Ernawati, S.E., pihak kecamatan tentu akan selalu mensuport terkait apa yang menjadi hajat pekon seperti dalam bidang wisata.

“Kami pihak kecamatan jelas mensuport dan melakukan upaya sesuai kapasitas dan kemampuan. Artinya jika memang ada potensi kenapa tidak bersama membangjkitkannya,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait