Dinas Perikanan akan Studi Banding Pembenihan Ikan ke Malang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Dalam rangka belajar tentang pembenihan ikan. Dinas Perikanan Kabupaten Lambar akan mengadakan kegiatan studi banding ke Balai Benih Ikan (BBI) di Kota Malang Provinsi Jawa Timur, Minggu (28/7)-Sabtu (3/8) mendatang.

“Dalam kegiatan studi banding ini, kita akan melibatkan 25 orang yang terdiri dari kelompok tani, kelompok wanita tani (KWT) dan penyuluh perikanan non pegawai negeri sipil (PNS),” ungkap Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, S.Pi mendampingi Kepala Dinas Perikanan Drs. Syamsi Mursalin, Rabu (17/7/2019).

Bacaan Lainnya



Dijelaskannya, studi banding tersebut untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang cara pembenihan ikan yang baik bagi kelompok tani, KWT dan penyuluh perikanan di daerah tersebut. Mereka dapat melihat secara dekat kegiatan pembenihan ikan air tawar yang dilaksanakan secara intensif.

“Mereka yang diikutkan adalah perwakilan dari kelompok pembudidaya ikan, dengan harapan dapat ditularkan pada yang lain,” katanya.

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Kab. Lampung Barat Umi Fitria, S.P

Lanjut dia, dipilihnya lokasi BBI Kota Malang tersebut karena di nilai berhasil dalam budidaya ikan air tawar, termasuk mulai dari pembenihan, perawatan hingga panen dan pemasaran. “Usaha budidaya ikan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta kalau sudah banyak warga yang melakukan budidaya ikan maka akan meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Lambar khususnya ikan air tawar, seperti nila dan ikan mas,” katanya.

Pihaknya berharap usai melakukan studi banding maka kelompok tani, KWT dan penyuluh non PNS dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya sehingga dapat bermanfaat bagi kelompok pembenihkan ikan dan warga sekitar.

“Kita berharap apa yang didapat setelah mengikuti studi banding ini dapat dipraktekkan dan disampaikan kepada anggota kelompok serta masyarakat sekitarnya. Intinya semoga bermanfaat untuk usaha ikan,” imbuhnya seraya menambahkan, rombongan kelompok tani, KWT dan penyuluh perikanan non PNS yang akan studi banding itu akan didampingi oleh dirinya, Sekretaris Dinas Perikanan Alfian Barin, serta satu orang kepala seksi (kasi) di instansi tersebut. (lus/mlo)



Pos terkait