Dinas Perikanan Pringsewu Bakal Terapkan Program Gerbang Ikan Desa di Pekon Lugusari

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gerakan Membangun Perikanan (Gerbang Ikan) Desa menjadi langkah yang ditempuh Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu. 

Selain lebih memberdayakan pembudidaya ikan hal ini juga dalam upaya mensinergikan stakeholder terkait.

“Pembangunan bidang perikanan membutuhkan peran serta berbagai pihak,” ungkap kadis perikanan Kabupaten Pringsewu Debi Hardian, S.Pi., M.Si., saat diskusi terbatas bersama jajaran PWI Kabupaten Pringsewu, Jum’at (17/9). 

Kadis perikanan yang hadir bersama perangkatnya yakni Roli Eka Putra, S.Sos., MM, Adi Nugroho, S.Pi, Hasyim, S.Pi., dan penyuluh perikanan E. Nice Kurnia Widhayati, S.Pi., menyatakan, dalam pembangunan perikanan pihaknya tak dapat bekerja sendirian.

Perlu sinergitas dengan instansi lainnya. Lanjutnya pembangunan perikanan dengan melibatkan pembudidaya ikan dimana tak hanya sebatas objek ketika dibutuhkan.

Dalam pembangunan perikanan semestinya bottom-up bukan top down. Artinya dengan berbasis keterlibatan aktif masyarakat, pola pendampingan yang intensif, pemanfaatan IT berbasis digital, integrasi bisnis perikanan hulu sampai hilir, keterlibatan OPD terkait seperti perguruan tinggi, perbankan dan lainnya

“Namun bagaimana caranya agar kebijakan itu tak hanya dari atas namun juga berasal dari bawah (pembudidaya). Sehingga kebijakan yang ditelurkan benar benar sesuai kebutuhan mereka (pembudidaya ikan),” beber Debi.

Dimana untuk Gerbang Ikan Desa sementara waktu akan diterapkan di pekon Lugusari. Hal yang mendasari munculnya Gerbang Ikan Desa setidaknya ada 6 isu-isu strategis permasalahan perikanan di Pringsewu.

Seperti, konsumsi ikan masih rendah, kualitas dan kuantitas SDM masih kurang, kelembagaan masih lemah, produksi ikan dan nilai tambah masih rendah, pelayanan masih rendah dan partisipasi masyarakat dan stakeholder masih kurang. 

Tujuan jangka panjang program tersebut adalah tersedianya infrastruktur yang cukup, sarana prasarana produksi yang murah, pangsa pasar yang luas, produksi dan nilai jual tinggi, kelembagaan yang kuat, pembangunan perikanan berkelanjutan dan berdaya saing serta SDM kompeten.

“Gerbang Ikan Desa diharapkan mampu mengajak masyarakat dan stakeholder dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan di bidang perikanan, melalui pemberdayaan masyarakat desa,” pungkasnya. 

Sementara itu ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi didampingi sekretaris Agus S, bendahara Agus TW serta pengurus lainnya Solihin dan Mulyono menyambut baik apa yang menjadi program dinas perikanan tersebut.(sag/mul/mlo)


Pos terkait