Dinas Pertanian dan Peternakan Lampura Komitmen Jaga Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lampura, Sofian

Medialampung.co.id – Ditengah keadaan masa pademi Covid-19 saat ini, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lampung Utara (Lampura), tetap berkomitmen menjalankan Program unggulannya, yakni menjaga ketahanan pangan dengan cara swasembada pangan.

Hal tersebut, dikemukakan Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lampura, Sofian ketika disambangi wartawan ini ruang kerjanya, Rabu (2/12).

Bacaan Lainnya


Dikatakannya, program swasembada pangan tentunya sejalan dengan program Provinsi hingga Pusat. Presiden Joko Widodo selalu menekankan kepada daerah agar mempertahankan swasembada pangan, tengah-tengah masa pademi covid-19 ini.

“Jadi melakukan ketahanan pangan ini dengan swasembada keras secara berkelanjutan,” beber Sofian.

Seperti yang dihimbau Gubernur Lampung Arinal Junaidi, kata Sofian, selalu berharap agar Provinsi Lampung ini, bisa menopang kebutuhan Nasional khususnya provinsi DKI dan Banten, 

“Karena kita memiliki lahan singkong yang luas yang dapat menjadi salah satu sarana yang dapat mendukung program ketahanan pangan,” terangnya.

”Kita selalu mengupayakan terobosan-terobosan yang sifatnya mendukung untuk menjaga bahkan menjadikan wilayah kita ini, Lampung khususnya Kabupaten Lampura, dapat menjadi penopang ketahanan pangan secara nasional, dan itu kita sudah berkoordinasi dengan Gubernur,” ujar Sofian.

Dinas pertanian selalu berupaya bagaimana petani tidak hanya menjual ke perusahaan itu saja. Namun kita coba membuka terobosan bagaimana investor lain bisa masuk sehingga bisa memberikan pilihan kepada petani untuk menjualnya.

Jadi program unggulan Dinas pertanian tetap bagaimana berupaya mensupport program ketahanan pangan nasional melalui swasembada beras. 

Selain itu, masih kata Sofian, di bidang lain yaitu peternakan yang menjadi prioritas bagaimana mengintensifkan dan mengoptimalkan kepada para peternak.

“Kedepannya bidang Peternakan akan kita optimalkan. Seperti bantuan penggemukan sapi, kambing dan itik,” pungkasnya.(ozy/mlo)




Pos terkait