Dinas PMDT Provinsi Bimtek BUMDes Kawasan Pedesaan di Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Plt Fitrianita Damhuri, S.S.T.P.,  Yang diwakili oleh Kabid Ekonomi Dorda, S.Ip. M.M., dan tim melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Selasa (21/7),

Kunjungan tersebut fokus utamanya melakukan pembinaan Badan Usaha Milik Desa/Pekon (BUMDes) dan kawasan perdesaan. 

Bacaan Lainnya



Dengan berkunjung ke Tiga Pekon diantaranya Pekon Rigisjaya, Kecamatan Airhitam yang terkenal dengan Kampoeng Kopi. Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian yang terkenal dengan tempat wisata Negeri Diatas Awan Tamiangan Hill, Dan Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya dikenal dengan Sekolah Kopi, dan Arung Jeram Sungai Besai

Kunjungan tersebut berupa pembinaan Bumpekon yang dihadiri oleh Kadis PMP Lambar Ronggur L Tobing, S.Ip., bersama Kabid Pemberdayaan Masyarakat Reza Pahlevi, S.T., serta camat masing-masing kecamatan bersama peratin dan jajaran seperti pengelola Bumdes dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

Seperti pada kunjungan di kawasan Kampoeng Kopi, diterangkan Ronggur bahwa kawasan Kampoeng Kopi tersebut dibuat jadi kawasan pedesaan, dan bagaimana supaya BUMDes perjalanan dan perkembangannya menjadi semakin mandiri, baik dalam pengebangan usaha produksi kopi bubuk maupun lainnya.

Sementara ketika di Tamiangan Hill, Ronggur juga menyampaikan terkait pelayanan dan berbagai fasilitas yang disediakan Pokdarwis dalam memanjakan pengunjung khususnya memberikan kenyamanan untuk dapat menikmati berwisata dengan merasa kembali seperti alam yang masih lestari.

Menanggapi penyampaian Ronggur, Kabid Ekonomi, Dorda memberikan apresiasi, seperti perkembangan bumpek mulai dari keberadaan kampoeng kopi, Tamiangan Hill dan arung jeram. Dimana pada kesempatan itu pihaknya menganjurkan agar pekon, kecamatan dan kabupaten terus melakukan upaya. Baik dalam inovasi maupun mempromosikan keberadaan BUMdes wisata tersebut.

Pasalnya BUMDes wisata yang dikembangkan seperti Pekon Trimulyo, Rigisjaya dan Sukajaya memiliki daya pikat tersendiri, diantaranya keindahan dan keasrian wilayah yang masih terjaga sehingga pengunjung mampu merasakan kondisi alam sejuk dengan oksigen yang masih terjaga baik. (rin/mlo)



Pos terkait