Dinas PMK Waykanan Buka Pendaftaran Ulang Pilkakam Banjar Mulya dan Gunung Katun

  • Whatsapp
Kepala Dinas PMK Waykanan Ixuan Ahkmadi, S.Sos.

Medialampung.co.id – Pasca dipastikannya 3 bakal calon Kepala Kampung yang positif menggunakan narkoba, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Waykanan langsung mengambil langkah cepat guna tetap terlaksananya Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) dengan jalan membuka pendaftaran ulang.

Bila hingga batas akhir yang telah ditentukan tetap tidak ada yang mendaftar maka pilkakam dipastikan diundur hingga waktu pilkakam serentak berikutnya. 

Bacaan Lainnya

“Test pertama kan ada 3 orang balon yang diduga positif narkoba, lalu dilakukan test ulang, dan karena masih positif maka dipastikan mereka gagal lolos pencalonan,” ujar Kepala Dinas PMK Waykanan Ixuan Ahkmadi, S.Sos. 

Lebih jauh Ixuan menyampaikan bahwa peraturan Bupati Waykanan No.1/2021, perubahan atas perbup No.24/2018 dan menindaklanjuti Permendagri No.72/2020, tentang Pilkakam menjelaskan bahwa Pilkakam dapat terlaksana jika terdapat dua calon atau lebih.

Dimana berdasarkan hasil tes Narkoba dari 3 kampung yakni Banjar Mulya dan Gunung Katun Kecamatan Baradatu, serta Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu yang dinyatakan terdapat tiga bakal calon yang positif narkoba, dua diantaranya harus melakukan pembukan pendaftaran ulang calon kepala kampung terlebih dahulu hingga 3 Mei 2021, dikarenakan hanya tersisa satu calon.

Sedangkan Kampung Serupa Indah masih dapat melaksanakan pilkakam karena calon pada kampung tersebut ada lima Calon. 

“Khusus untuk Kampung Banjar Mulya dan Gunung Katun dikarenakan Bakal Calon Kakam tinggal satu orang, maka dilakukan Pembukaan Kembali, Pendaftaran ulang dari tgl 14 April sampai dengan 3 Mei 2021. Dan untuk Kampung Serupa Indah, tetap berjalan dikarenakan Bakal Calon Kakam lebih dari satu Orang, yaitu ada lima calon,” tegas Ixuan.(*/mlo)

Pos terkait