Dinas PPKB Pesbar Bina Kampung KB Pekon Sukajadi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menggelar pembinaan di Kampung KB Pekon Sukajadi Kecamatan Krui Selatan, yang dipusatkan di Balai Rakyat setempat, Senin (22/6).

Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, Virnalizi Afrianty Noor, S.Farm, Apt, M.Kes., mendampingi Kepala Dinas PPKB Pesbar, Nurdiah, S.Pd., mengatakan yang dilaksanakan di kampung KB itu merupakan kegiatan rutin untuk penguatan kampung KB di Kabupaten Pesbar di Pekon Sukajadi itu.

Bacaan Lainnya



“Pembinaan yang rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat menjadi Peserta Aktif (PA) serta KB aktif dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),” katanya.

Selain itu, kata dia, dengan dilakukan pembinaan itu juga diharapkan dapat meningkatkan peran serta stakeholder dalam memberikan penyuluhan dan informasi mengenai program-program KB, sehingga semua program KB yang ada benar-benar dapat berjalan sukses. Karena itu dalam mensukseskan program KB tersebut sangat diharapkan adanya peran serta semua pihak.

Dijelaskannya, dalam pembinaan ini juga dengan sasaran Peratin dan aparatur Pekon, pengurus TP-PKK Pekon, tokoh masyarakat, kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana (PPKB) dan sub PPKB Desa. Untuk diketahui, dengan adanya kampung KB tentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung (pekon) atau yang setara melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Kita berharap dengan dilaksanakannya pembinaan di kampung KB ini selain untuk mensukseskan program KB, juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan,” jelasnya.

Sementara itu, Peratin Pekon Sukajadi, Bazargan, mengatakan sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan program KB tersebut, terlebih Pekon Sukajadi ini ditunjuk salah satu sebagai kampung KB. Untuk itu diharapkan semua lapisan masyarakat yang ada di Pekon ini dapat mengikuti semua program yang telah dicanangkan Pemerintah tersebut.

“Selain itu juga dapat bersama-sama mensukseskan semua program-program KB,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait