Dinas PPPA Dalduk dan KB Tanggamus Sosialisasikan PUG

  • Whatsapp

Medialampung.co.id–Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA Dalduk dan KB) mensosialisasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) Selasa (11/8).

Kegiatan yang berlangsung di Aula pertemuan hotel 21 Kecamatan Gisting tersebut dibuka Asisten II Sukisno mewakili Bupati Dewi Handajani. 

Bacaan Lainnya



Hadir pada kegiatan hari itu, Kepala Dinas PPPA Dalduk dan KB Edison, Staf ahli Bupati Firman Rane, Narasumber dari Unila Dr. Novita, para kepala dinas instansi, badan dan bagian serta peserta sosialisasi. 

Menurut Asisten II bupati bidang perekonomian dan Pembangunan,  Sukisno kegiatan sosialisasi PUG pada hari itu salah satunya adalah untuk percepatan meraih penghargaan “Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020”.

Salah satu upaya untuk meraih penghargaan tersebut adanya komitmen di antara seluruh stakeholder yang ada untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender, ungkap Sukisno. 

“Seperti diketahui lanjut Sukisno Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Memberikan evaluasi dan penilaian APE kepada Pemerintah daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan pemerintahan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG,” ungkapnya.

Di Kabupaten Tanggamus, upaya mewujudkan kesetaraan gender diantaranya, menerbitkan keputusan bupati Tanggamus tentang Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (Pokja PUG), serta memberikan kesempatan yang sama bagi pria dan perempuan berkarir pada jabatan struktural dan fungsional. 

Sementara kepala Dinas PPPA Dalduk dan KB Tanggamus, Edison mengatakan, tujuan pengarusutamaan Gender antara lain adalah, untuk mempersempit dan bahkan meniadakan kesenjangan gender yang mengantarkan pada pencapaian kesetaraan gender dan keadilan gender. 

Pada sosialisasi hari itu, narasumber juga menyampaikan materi, tentang meningkatkan kapasitas SDM Driver PUG menuju pembangunan yang responsif gender di kabupaten Tanggamus. (ehl/mlo/mlo)



Pos terkait