Dinas PU Waykanan Tinjau Kondisi Terkini Jembatan Kampung Kaliawi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pasca viralnya berita tentang longsornya tanah di pangkal jembatan Kampung Kaliawi Kecamatan Negeri Besar pada tanggal 24 Mei yang lalu, hari ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Waykanan langsung turun dan memeriksa jembatan yang menghubungkan Kabupaten Waykanan dengan Tulangbawang Barat tersebut, dengan diantar oleh tokoh masyarakat setempat Hi. Usman Karim.

“Kondisi yang kami temukan di lapangan memang jembatan tersebut sudah sangat parah akan tetapi masih dapat dilalui dengan cara bergantian, selain itu truk atau angkutan lainnya harus membawa muata maksimal 8 ton dan bagi kendaraan yang membawa muatan lebih harus dibongkar di tempat, bukan untuk kami tetapi untuk kepentingan masyarakat luas,” ujar Kabid Perumahan Dinas PU Waykanan, Ishak, ST., MT., yang memimpin tim dari dinas PU Waykanan meninjau jembatan di Kampung Kaliawi, Rabu (26/5) 

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Ishak menjelaskan dari hasil peninjauan langsung tersebut maka jembatan yang dikatakan dibangun sejak zaman Belanda itu memang sudah seharusnya diganti oleh karena itu pihaknya akan mengusulkan kepada Bupati Waykanan agar jembatan tersebut dapat segera diperbaiki secara total.

“Mungkin untuk perencanaan akan dapat dimasukkan dalam APBD-P Waykanan tahun 2021 ini akan tetapi untuk pelaksanaan perbaikan atau penggantian total kemungkinan besar baru dapat dilaksanakan pada tahun 2022 yang akan datang, itu juga kalau disetujui oleh pimpinan karena kami hanya melakukan perintah melakukan peninjauan dan melaporkan hasil kerja kami kepada pimpinan,” tegas Ishak. 

Diterangkan satu-satunya jembatan penghubung masyarakat Waykanan khususnya Kampung Kaliawi Kecamatan Negeri Besar dengan Kabupaten Tulangbawang Barat mengalami kerusakan di Pangkal jembatan karena tanah longsor. Selain itu badan jembatan juga sudah sangat tua sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa apabila jembatan tersebut benar-benar putus. 

“Saya memang orang asli Negeri besar dan kebetulan Hari ini saya sedang berada di kampung karena hari libur. Ketika saya mendengar Ada rombongan dari dinas pekerjaan umum Kabupaten Waykanan melakukan peninjauan atas jembatan yang hampir putus tersebut saya langsung mendampingi dengan tujuan apa yang diperlukan oleh masyarakat adalah benar bukan hoax. Walaupun memang jembatan itu masih bisa kami pergunakan namun Kondisinya sudah benar-benar parah, dan harus segera diganti, dan Alhamdulillah usulan kami itu dapat dikabulkan oleh Bapak Bupati,” ujar Usman Karim.(wk1/mlo)


Pos terkait