Dinas Sosial Lakukan Pendataan ODGJ di Pesbar 

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), hingga kini masih mendata keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Kabupaten Pesbar.

Kabid Rehabilitasi Sosial, Ahmadi, mendampingi kepala Dinsos Pesbar Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan pendataan ODGJ di Kabupaten Pesbar hingga kini masih terus dilaksanakan oleh Dinsos setempat dengan melibatkan instansi terkait lainnya. Karena itu, hingga kini pihaknya terus berkoordinasi dengan Puskesmas untuk mendata ODGJ.

Bacaan Lainnya


“Dinsos Pesbar hingga ditahun 2021 ini masih tetap memfasilitasi terhadap ODGJ di Kabupaten Pesbar khususnya warga Pesbar,” katanya, Jumat (8/1).

Dijelaskannya, untuk tahapan penanganan dilakukan secara medis oleh Dinas Kesehatan setempat melalui Puskesmas di wilayah masing-masing. Selain itu, jika dibutuhkan untuk dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) maka Dinsos menerbitkan rekomendasi ke RSJ dengan melengkapi persyaratan seperti surat keterangan hasil tindakan dari medis dan surat dari Pemerintah Pekon serta foto copy Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK).

“Begitu juga ketika pasca pengobatan masih tetap dalam pemantauan Dinsos Pesbar, kita tentu akan terus memaksimalkan penanganan terhadap ODGJ tersebut,” jelasnya.

Ditambahkannya, Dinsos Pesbar juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat di Pesbar jika memang ditemukan adanya ODGJ terutama warga Pesbar agar dapat berkoordinasi ke Dinsos setempat maupun Puskesmas, sehingga bisa terdata dan mendapat penanganan medis maupun penanganan lainnya. Sedangkan, terkait dengan adanya ODGJ yang ditemukan di jalanan itu rata-rata berasal dari luar daerah dan tidak diketahui identitas maupun keluarganya.

“Untuk ODGJ yang kerap ditemukan di jalanan ataupun di tempat umum lainnya itu tetap dalam pemantauan Dinsos setempat, karena khususnya ODGJ yang berasal dari luar daerah itu kerap berpindah-pindah, artinya tidak menentu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait